Lebih Baik Minus Daripada Nol

minus dan nol

Pernah dengan istilah di atas? “Lebih baik minus dari pada nol.” Ada yang mungkin sudah, tapi bisa jadi banyak juga yang belum pernah.

Mari dibahas pengertiannya dan kapan Anda bisa gunakan istilah ini.

  1. Apa maksudnya?

Ini kata lainnya adalah “Lebih baik kurang pendapatannya dari pada tidak ada sama sekali.” Ini bukan berarti lebih baik pendapatan minus yah. Karena, pendapatan minus pasti akan menggerus keuangan Anda.

Tapi, pendapatan kurang maksudnya, pendapatan yang tidak sesuai harapan Anda, atau pendapatan yang di bawah pendapatan Anda sebelumnya.

  1. Dan kapan ini Anda gunakan?

Ini, bisa dikatakan sikap mental Anda yang perlu dimiliki saat Anda mungkin karena satu dan lain hal harus ganti pekerjaan, atau ganti jenis usaha.

Keadaan ekonomi dan dunia usaha berubah-ubah setiap waktu, banyak kejadian-kejadian yang diluar dugaan bisa terjadi malah sering terjadi. Maka, sikap mental seperti ini seharusnya perlu dimiliki oleh setiap karyawan dan pengusaha.

Jika Anda seorang karyawan, dan karena satu dan lain hal Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda, maka sikap mental ini harus segera Anda bentuk, apalagi kalau Anda sudah berkeluarga. Lebih baik Anda dapat pekerjaan dengan gaji yang lebih kecil dari pekerjaan sebelumnya dari pada Anda tidak berpenghasilan sama sekali. Karena, begitu Anda tidak berpenghasilan, sedangkan pengeluaran tetap, maka mental Anda biasanya akan jatuh, maka segera cari kerja.

Meskipun gaji nya lebih rendah, tapi karena Anda sudah aktif lagi, ini akan buat Anda semangat. Lagipula sambil Anda bekerja dengan gaji kecil Anda bisa pelan-pelan cari pekerjaan lain yang bergaji lebih besar atau pekerjaan tambahan.

Dan, mental Anda saat melamar ke kantor baru dengan penghasilan yang lebih tinggi dalam kondisi sebagai pekerja akan lebih baik daripada sebagai pengangguran.

Begitupula bila Anda adalah seorang pengusaha. Bisa jadi karena kondisi ekonomi yang berubah, atau karena persaingan yang semakin ketat, usaha Anda menurun atau malah harus Anda tutup.

Maka, lagi-lagi sikap mental di atas harus segera Anda miliki. Setelah Anda hitung total kerugian Anda, dan setelah Anda tahu berapa dana tersisa di kas Anda, segeralah cari usaha baru, mungkin usaha itu memberikan penghasilan yang lebih sedikit dari pada sebelumnya, tapi bila Anda lakukan ini akan membuat Anda lebih bertambah semangat. Dan bila Anda harus mengambil kredit ke bank, pihak bank akan lebih percaya jika Anda dalam kondisi punya usaha dari pada kondisi tanpa usaha sama sekali.

Kekuatan mental memang semakin diperlukan di jaman sekarang, baik itu Anda sebagai pengusaha, karyawan, atau investor sekalipun. Jadi, daripada nol lebih baik minus.

Buat mereka yang sudah pernah terpuruk dan bangkit, silahkan share pengalamannya di sini…