Kinerja Ekonomi Dunia Q1 2015

kinerja ekonomi global

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai kinerja ekonomi Indonesia selama Q1 2015. Kini kita akan lanjutkan dengan membahas kinerja ekonomi dunia, dilihat dari Amerika Serikat dan data IMF.

Amerika Serikat
Bursa saham Wall Street di Amerika Serikat (AS) belakangan ini bergerak turun karena lesunya ekonomi AS di kuartal I-2015, dan sinyal ditundanya kenaikan suku bunga acuan oleh bank sentral, The Fed. Pelemahan pada sejumlah sektor ekonomi membuat The Fed sepertinya menunda kenaikan suku bunga acuan yang sebelumnya rencananya akan dilakukan paling lambat September  2015.

The Fed menurunkan pandangannya terhadap pasar pekerja dan ekonomi di AS dalam pernyataan kebijakan yang menyarankan bank sentral harus menunggu hingga kuartal ketiga untuk mulai menaikkan suku bunga.

Hanya beberapa jam sebelum pernyataan the Fed, pemerintah U.S. melaporkan kalau GDP kuartal I keluar lebih rendah dari yang diharapkan.

Baca juga: Fundamental Ekonomi

International Monetary Fund (IMF)
Berikut adalah kondisi ekonomi dunia menurut data IMF

  1. Pertumbuhan AS telah direvisi melemah. World Economic Outlook (WEO) IMF untuk April 2015 memperkirakan GDP AS bertumbuh pada 3.1% di 2015, tapi tetap lebih rendah 0.5 point dari estimasi sebelumnya.
  2. Harga komoditas masih rendah. Setelah kejatuhan harga belakangan ini, IMF mengharapkan harga minyak dunia baru  mulai menguat pada 2016, tapi harga komoditas non-minyak diprediksi sedikit jatuh pada tahun depan.
  3. Pertumbuhan perdagangan dunia melambat. WEO IMF bulan April menurunkan perkiraan atas pertumbuhan volume perdagangan dunia menjadi 0.1 poin pada 2015 dan 0.6 poin pada 2016.

Kesimpulan
Dari data-data dan analisa di atas, dapat disimpulkan bahwa, seperti Indonesia, kinerja ekonomi global pun sedang tidak dalam kondisi yang baik sepanjang kuartal I-2015.

Prospek Positif Ekonomi
Jika melihat kondisi ekonomi dalam negeri maupun global, terkesan kita sedang berada dalam masa kelam. Padahal masih ada banyak peluang dalam kondisi saat ini. Mau tau apa saja itu? Nanti ya… Akan kami kupas di artikel selanjutnya!

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending