Ketika ‘zombie’ sedang beraktivitas

Tanpa disadari kehidupan setiap orang mayoritas terjebak pada rutinitas. Suka tidak suka golongan usia produktif bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan mencukupi kebutuhan keluarga dan ditambah bonus pada sebagian orang harus mencukupi kebutuhan orang tua nya.

Rutinitas yang monoton dari setiap harinya ditambah tekanan dalam dunia kerja membuat orang nampak seperti zombie, Hah zombie? Ya zombie di film-film itu! Melakukan sesuatu secara monoton dan hampir melupakan untuk apa dia melakukan hal tersebut.

 

Bekerja adalah hal yang benar, namun bekerja dan terjebak pada rutinitas membuat orang tidak mampu lagi berpikir, ditambah doktrin dari tempat bekerja membuat seseorang semakin merasa inilah jalan terbaik dan Satu – satunya mencapai kenyamanan dalam hidup.

 

Apakah Ciri – ciri kita sudah menjadi zombie?

  1.  Ketika tanggal merah libur dan lebih lagi tanggalan hari kejepit, dan anda merasa itu adalah sumber mata air di gurun Sahara alias sangat dinanti-nantikan.
  2. Anda merasa nyaman akan pendapatan anda, namun merasa kurang atas pendapatan anda, dan anda juga merasa penampilan anda perlu sesuai dengan jabatan anda dengan mengkonsumsi Barang – barang yang sebenarnya Anda sendiri tidak benar-benar perlu menggunakannya.
  3. Anda memanfaatkan hari libur untuk bermacet-macet ria di tempat liburan dimana sebenarnya Anda menyadari liburan sebenarnya rekreasi untuk santai namun ramai dan padat sama saja dengan capek luar biasa sehingga liburan singkat membuat keesokan hari terpaksa harus bangun dan kembali bekerja dengan sisa energi liburan.

 

Bisa saja dari beberapa point diatas bila anda alami sebenarnya Anda sedang menjadi zombie. Keluar dari area zombie sangat tidak mudah. Karena dituntut ketidaknyamanan dan anda mengambil jalan lain dalam hidup.

 

Dalam arti lain bila anda lanjutkan terus menerus anda sudah dapat menebak dari akhir hidup anda. Selain itu dengan rutinitas tersebut apakah anda juga sudah mempersiapkan diri bahwa suatu hari anda harus dipaksa berhenti karena usia anda sudah tidak lagi bisa bekerja?
Ya. Menjadi zombie adalah sebuah investasi bagi kehidupan yang salah, dan lebih lagi bila anda tidak sadar bahwa suatu hari pun ini harus berakhir, apakah anda juga sudah mempersiapkan diri dengan investasi jangka panjang anda?

 

Apa jalan terbaik nya? Ada beberapa.

Pertama anda bisa tetap melakukannya namun anda sadar betul bahwa anda perlu investasi bagi hari tua anda dan dimulai dari detik ini. Jangan pernah berharap bahwa motto banyak anak banyak rezeki mempunyai arti ketika nanti anda tua, anak anda menjadi sumber rezeki (penghasilan) bagi anda. Kita harus berpikir mandiri.

 

Kedua anda keluar dari zona zombie anda perlahan-lahan dengan berwirausaha atau apapun yang membuat uang anda bekerja untuk anda. Metode perlahan-lahan ini dikenal dengan metode injak dua kapal.

 

Ketiga anda keluar langsung dari zona zombie anda namun pastikan anda telah memiliki dana darurat alias dana Kalau – kalau rencana ini membuat Anda gagal. Alias metode bakar kapal.

Hidup memiliki banyak pilihan, namun kadang orang takut akan Resiko dan rugi. Padahal karena anda tidak mau rugi, sebenarnya Anda telah rugi.

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert 
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom