Ketika analis saham memilih presiden

Berhubung akan diadakan pemilu, maka ada sebuah artikel menarik dimana seorang analis saham memilih presiden dengan cara mengalisa saham.

Benjamin Graham, guru dari Warren buffet memberikan 3 kriteria utama agar sebuah saham masuk dalam kategori investasi. Apa itu?

1. Memiliki pendapatan yang meningkat
2. Memiliki laba bersih yang tumbuh
3. Hutang atau kewajiban yang terkendali ataupun berkurang

 

Selain itu sebuah perusahaan yang saham nya akan bertumbuh memiliki management yang baik serta menjauhkan diri dari potensi bisnis yang mau menang sendiri. Dalam bahasa management prinsip you win and I win. Artinya orang lain menang dulu baru perusahaan.
Sehingga menghindari perusahaan yang memiliki potensi konflik internal akan lebih memastikan kelangsungan hidup dari perusahaan itu.

 

Pasar membagi pergerakan harga menjadi 4 fase. Yaitu mula2,  mendaki, dipuncak dan turun. Setiap keadaan akan terjadi seperti demikian. Saham yang baik di investasikan adalah 4 fase tersebut selalu membentuk anak tangga yang naik.
Fase yang dihindari adalah bila membentuk anak tangga turun terus dan yang tidak jelas yaitu yang naik turun adalah saham untung diperdagangkan bukan unt investasi.

 

Memilih presiden adalah sama dengan memilih saham untuk di investasikan. Dengan horizon for Investment nya bernilai 5 tahun. Sehingga kita perlu mengetahui growth dan value. Dimana bertumbuh adalah baik adanya. Serta apakah memiliki nilai dari sudut pandang program nya.

 

Perusahaan dengan management yang benar. Akan berpikir jangka pendek strategis dan jangka panjang. Tanpa memiliki solusi jangka panjang hanya melihat jangka pendek artinya saham nya juga akan naik sesaat dan setelahnya tidak tau nasibnya.

 

Sama dengan berinvestasi juga. Bahwa investasi adalah kewajiban bukan hak. Karena waktu yang tepat untuk memiliki investasi adalah 20 tahun yang lalu dan waktu yang paling tepat setelahnya adalah hari ini.

Tidak melakukan pemilihan juga sama dengan tidak berinvestasi.

So….. Selamat menjadi investor di Indonesia. :-)

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert 
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom