Kesalahan Dalam Persiapan Hari Tua

Pensiun sudah didepan mata, akan tetapi ternyata dana Anda hanya mencukupi untuk hidup beberapa tahun saja, sehingga cita-cita menikmati hari tua yang tenang tidak jadi diraih? Tidak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda bukan? Berikut beberapa alasan mengapa seseorang gagal dalam perencanaan hari tuanya:

 

Terlambat dan gagal merencanakan.
Mungkin pada awal-awal Anda menerima gaji, Anda begitu “terbawa suasana” memiliki uang sendiri dari yang biasanya disupply orang tua, sehingga keinginan nongkrong dan hang out sana sini dan juga belanja yang dulu hanya keinginan, sekarang sudah bisa dicapai dengan hasil kerja Anda. Beberapa orang terhanyut pada kebiasaan tersebut dan akhirnya terbawa menjadi gaya hidup. Persiapan dana pensiun menjadi hal yang paling akhir dipikirkan bahkan mungkin tidak dipikirkan sama sekali dalam anggaran pribadi, apalagi berpikir bahwa dana pensiun sudah disiapkan oleh kantor sehingga tidak perlu lagi susah mempersiapkan. Akhirnya, persiapan menabung hari tua menjadi sangat terlambat dilaksanakan, bahkan mungkin tidak dilaksanakan sama sekali.

 

Tidak memperhitungkan inflasi.
Inflasi menjadi faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam investasi dan juga persiapan dana pensiun. Karena kedua hal tersebut adalah hal yang membutuhkan rentang waktu yang panjang dalam persiapannya. Bagaimana kita bisa mempersiapkan dana dari tingkat penghasilan dengan nilai uang yang sekarang, agar nilainya tidak turun bahkan bisa berkembang melawan inflasi tersebut.

 

Menabung terlalu sedikit dan konservatif.
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam persiapan pensiunnya dalah menabung terlalu sedikit, dan juga menabung di tempat-tempat yang konservatif. Menabung terlalu sedikit karena lebih mementingkan konsumsi saat ini, dan juga menyimpan dana tersebut di instrumen yang imbal hasilnya dibawah nilai inflasi tentunya akan mempersulit Anda untuk menyiapkan dana pensiun yang cukup untuk hari tua kelak.

 

Dari ketiga kesalahan umum yang sering terjadi pada seseorang dalam persiapan pensiun, ada baiknya kita kembali mencermati rencana keuangan kita, masukkan tujuan dana pensiun sedari dini dan kita bisa menyongong usia emas dengan gemilang. Dan jangan lupa, Atur anggaran dengan login ke ngaturduit.com > Pengaturan > Anggaran.

 

Live a beautiful life !

Ratih Nurmalasari (Associate Planner)
ZAP Finance
Gedung Menara Prima lantai 26D
Jl. Lingkar Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp. (021) 5794-8059
Fax. (021) 5794-8057
Twitter: @zapfinance
Email: info@zapfin.com

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

ralph lauren sale,ralph lauren outlet,cheap christian louboutin,louis vuitton outlet,ralph lauren polo pas cher