Kembali ke Saham Big Cap Tradisional

bull vs bear

Konsolidasi di daerah baru:

Rally yang membawa IHSG ke all time high baru di 5.461 membuat momentum menjadi lebih positif namun keadaan jenuh beli membuat pelaku pasar melakukan aksi jual diatas sehingga pasar menjadi terkonsolidasi di daearh baru antara kisaran support 5.330 dan resistance 5.461.

Kami melihat hal ini sebagai sesuatu yang wajar untuk meredakan keadaan jenuh beli harian dan mingguan, rekomen untuk melakukan posisi buy  bila terjadi koreksi atau konsolidasi minor dalam pembentukan strong medium uptrend baru di IHSG.

Fokus kembali ke saham big cap tradisional
Melihat pergerakan IHSG kami menemukan ada semacam trend dari pelaku pasar untuk kembali ke saham big cap tradisional terutama dari sektor perbankan yang mencakup 30% dari weighting index, dengan Bank BCA (BBCA) sebagai saham dengan bobot terbesar di IHSG (6.7%). Saham ASII dan TLKM yang dulu juga pernah menjadi pemegang bobot terbesar di IHSG juga mulai menunjukan gambaran teknikal yang menarik dari grafik bulanan yang membentuk titik tertinggi yang lebih tinggi dari sebelumnya selama beberapa bulan terakhir.

Hal yang perlu diwaspadai: 
Keraguan Fed menaikan bunga secepatnya  sesuai dengan expektasi pasar akan memberikan signal AS belum recover dan menciptakan ketidakpastian untuk pelaku pasar global mengambil posisi long.

Ditakutkan akan ada koreksi di harga komoditas dan pasar saham global yang sebelumnya naik untuk antisipasi kepastian kenaikan bunga the FED, hal ini berdampak pada melemahnya rupiah dan pasar saham domestik nantinya.

 

Stock pick mingguan dapat diakses melalui aplikasi IDX Watch. Download IDX Watch di:

IDX Watch iOS IDX Watch Android

(Disclaimer on) Investasi di pasar modal adalah hal yang beresiko dan dapat mengakibatkan kerugian material. Tulisan ini hanya  bertujuan hanya sekedar memberikan informasi dan tidak boleh ditafsirkan sebagai ajakan atau penawaran untuk membeli dan/atau menjual efek atau instrumen keuangan lainnya. Setiap keputusan investasi yang di ambil merupakan tanggung jawab sepenuhnya investor

Senior Research PT. HD Capital Tbk

[ Tips : Akses Online Trading Platform secara gratis dengan mengakses "menu investasi" di www.ngaturduit.com ]

Tags: