Kemauan Mengelola Keuangan

Kita semua pasti tahu dan paham betapa pentingnya mengelola dan merencanakan keuangan. Bahkan, kita tahu apa akibat dari kesalahan atau kegagalan dalam mengelola keuangan. Semua orang yang memiliki penghasilan pasti mengerti. Tapi, masalahnya adalah bukan pada pemahaman atas urgensi mengelola keuangan. Masalahnya adalah lebih pada poin, mau atau tidak.

 

Kita semua tahu, bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita akan selalu dihadapkan pada berbagai kebutuhan. Beragam kebutuhan rutin hingga kebutuhan tidak terduga, yang nilainya bisa saja kecil atau bisa besar. Dengan berbagai kebutuhan tersebut, apakah kita bisa memenuhi semuanya? Sumber daya keuangan kita tentu terbatas. Penghasilan bulanan dan simpanan di bank belum tentu dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut. Dalam kondisi seperti ini, kita dituntut untuk dapat menyusun prioritas dan membentuk strategi agar sumber daya keuangan yang terbatas tadi, dapat digunakan secara efektif dalam memenuhi berbagai kebutuhan tadi. Kebutuhan pensiun akan lebih jauh dibanding dana pendidikan anak, maka pengelolaan keuangannya harus disesuaikan. Tapi, kembali lagi, apakah kita semua mau melakukan itu semua?

 

Masyarakat saat ini sudah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keuangan, terutama untuk mereka yang hidup di kelas menengah. Mereka mulai memahami apa itu inflasi dan pengaruhnya terhadap kehidupan mereka. Mereka mulai paham bahwa terkadang terdapat perbedaan antara angka inflasi di atas kertas dengan di kehidupan nyata. Mereka paham bahwa pada dasarnya, nilai kebutuhan yang ada saat ini, belum tentu akan sama di masa depan. Biaya sekolah anak saat ini akan berbeda dengan belasan tahun ke depan. Biaya hidup kita saat ini akan sangat jauh berbeda dengan saat kita pensiun nanti. Nilainya akan jauh membesar. Mereka paham itu semua. Dan mereka tahu bahwa kuncinya adalah mengelola keuangan dengan cara mengimbangi atau mengembangkannya melebihi pertumbuhan inflasi. Semuanya tahu, tapi masalahnya mau melakukannya atau tidak?

 

Kemampuan dan kemauan adalah dua hal yang berbeda. Kemampuan mengelola keuangan dapat digambarkan dengan pengetahuan yang kita miliki, seperti pengetahuan tentang pentingnya mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun serta cara mempersiapkannya. Sedangkan kemauan dapat digambarkan dengan implementasi dari semua pengetahuan pengelolaan keuangan yang kita miliki tadi ke dunia nyata. Nah, dari dua hal tadi, apakah anda sudah termasuk ke dalam golongan yang mencapai ke tahap memenuhi kemauan?

 

[ Mau mengelola keuangan dengan mudah , cepat dan gak ribet ? Atur aja di ngaturduit.com ]

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com