Kelinci dan Kura-kura

Apakah Anda pernah mendengar kisah dongeng mengenai sepak terjang investasi sang kura-kura dan kelinci? Semoga dongeng berikut bermanfaat sekaligus menghibur.

Pada suatu hari, dua sahabat karib; kura-kura dan kelinci, baru lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Mendapat uang, mereka mulai sadar tentang manajemen keuangan saat menerima gaji pertama. Mereka mendengar tentang sebuah situs keren dan langsung mendaftar di www.NgaturDuit.com. Mereka girang menemukan berbagai tools untuk atur keuangan. Gratis pula!

Sebagai member, mereka mendapatkan banyak berita ekonomi dan tips keuangan melalui email maupun di blog, salah satunya tentang INVESTASI. NgaturDuit sering menginformasikan bahwa investasi harus dimulai segera. Semakin telat, kita semakin merugi.

Kura-kura, yang sudah terbiasa hidup pelan-pelan, bertahap, langsung mempraktekkan dan mulai menyisihkan investasi 500rb per bulan. Sedangkan si kelinci, terbiasa hidup serba cepat, dia santai saja karena merasa bisa mengejar ketertinggalan dari sang kura-kura. Si kelinci berpikir: ah, sekarang hanya mampu invest 500rb per bulan. Tunggu naik posisi saat naik jabatan, saya akan invest dua kali lipat!

Ternyata 10 tahun berlalu, si kelinci belum juga mulai berinvestasi. Sedangkan dana investasi kura-kura sudah seratusan juta. Suatu hari saat mereka nongkrong di cafe, kura-kura cerita tentang investasinya tapi kelinci gayanya tetap santai, tetap meremehkan. Padahal, sebenarnya kelinci terpancing semangatnya dan mulai saat itu diam-diam berinvestasi 1jt tiap bulan. Dalam hati, kelinci bilang: pasti terkejar kura-kura!

Sedangkan kura-kura tidak cerita bahwa kantornya bermasalah dan gajinya dipotong sehingga sudah tidak ada yang bisa disisihkan utk investasi lagi. Selama 30 tahun kelinci semangat invest 1jt per bulan sementara kura-kura berhenti menambah investasi bulanan.

Mereka kemudian bertemu lagi pada acara reuni sekolah pada umur 60an, sesaat setelah pensiun, dan sang kelinci langsung pamer: saya invest 1jt selama 30th dengan return rata-rata 18% per tahun. Dengan total modal HANYA 360jt, kini uang investasi saya hampir 14M!

Si kura-kura garuk-garuk kepala. Lho? Saya hanya invest 10 tahun pertama, 500rb/bln, total modal investasi saya 60jt, tapi hasil investasi saya sekarang 23M! Mereka berdua menunjukkan data pertumbuhan investasi masing-masing. Ini buktinya:

kelinci dan kura-kura

Wow, ternyata benar apa kata NgaturDuit.com! Semakin cepat berinvestasi, semakin untung!

Tidak percaya? Silahkan ajak teman dan buktikan sendiri. Tinggal pilih siapa yang mau jadi kura-kura dan siapa yang jadi kelinci :)

  • Setiawan Ado

    kira-kira produk investasi apa yg bisa berjalan seperti punya kura2 itu mas?

  • damianus_noris

    artikel yang sangat menarik

    • Api Perdana

      Makanya.. Segeralah berinvestasi :D