Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah

sewa rumah - ngaturduit.com

Harga rumah umumnya selalu naik setiap tahun, bahkan bagi beberapa kalangan harganya menjadi semakin tidak terjangkau, yang menyebabkan mereka lebih memilih untuk menyewa dibandingkan membeli rumah.

Menyewa menajadi pilihan terutama bagi mereka yang belum memiliki cukup dana untuk DP (down payment) pembelian rumah, atau bagi mereka yang bekerja di luar kota sebagai pegawai kontrak.

Meski demikian, menyewa rumah bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Sebelum menetapkan diri untuk menyewa rumah, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu, kekurangan dan kelebihan menyewa rumah yang akan berhubungan dengan kesehatan keuangan Anda.

 

Kelebihan Menyewa Rumah

banner-rent

1. Bebas biaya uang muka

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah, berarti Anda harus sudah menyiapkan dana untuk uang muka, rata-rata 20 persen sampai dengan 30 persen, dari total harga rumah. Lain halnya dengan menyewa rumah, dana yang harus disiapkan tidak akan sebesar uang muka membeli rumah. Anda hanya perlu menyediakan dana untuk menyewa rumah selama satu bulan, enam bulan, atau satu tahun sewa rumah, tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik rumah.

2. Bebas biaya perawatan rumah

Setiap rumah yang dihuni tidak akan jauh dari biaya perawatan. Misalkan, biaya perawatan untuk atap yang bocor, saluran air yang macet, ataupun perawatan cat rumah. Dengan menyewa rumah, biaya tersebut merupakan kewajiban dari pemilik rumah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan rumah beserta tukangnya.

3. Bebas Biaya PBB Rumah

Biaya PBB (Pajak Rumah Bumi dan Bangunan) biasanya dibayarkan setiap satu tahun sekali, total biaya yang dikeluarkan tergantung letak dan luasnya rumah atau bangunan. Seorang yang menyewa rumah tidak akan dibebankan untuk membayar sewa rumah. Karena biaya PBB diwajibkan untuk pemiliki rumah

 

Kekurangan Menyewa Rumah:

can-persuade-private-landlord-rent-house_7d532ab2be5df7b2_mRFGYTPlSVGEdtUve6Umsw

1. Boros Biaya Transportas

Selagi belum memiliki rumah tetap, bisa jadi Anda masih harus berpindah rumah, bahkan bisa hingga berkali-kali. Biaya pindah rumah kerap mengeluarkan macam biaya. Seperti mengurus surat pindahan, dan mengeluarkan biaya untuk jasa pindahan. Belum lagi, jika tempat yang baru memiliki kondisi medan yang menyulitkan, biasanya Anda akan dikenakan biaya tambahan lagi.

2. Biaya kenaikan sewa rumah

Beberapa pemilik rumah bisanya akan menaikan harga sewa rumah dengan beberapa alasan. Seperti: kenaikan harga tanah atau tarif sewa di lingkungan tersebut atau biaya renovasi pada rumah yang ditinggali. Umumnya, dalam rentang satu tahun, terjadi kenaikan kurang lebih 10 persen, tergantung kondisi bangunan dan lingkungan sekitar.

 

3. Aset tidak pernah menjadi hak milik

Mereka yang membeli rumah, dengan cara KPR, meskipun membayar cicilan setiap bulan, setelah lunas maka ia akan memiliki rumah tersebut. Bahkan, ia dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di kemudian hari. Lain halnya jika Anda menyewa rumah, uang yang Anda keluarkan setiap bulan atau tahunnya, tidak menjadikan rumah yang dihuni menjadi miliki Anda.

 

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari menyewa rumah. Perlu Anda ingat, menyewa rumah sifatnya sementara. Anda dapat menyewa rumah, yang tidak terlalu besar nominalnya, sembari menabung untuk menyiapkan dana uang muka membeli rumah baru atau rumah bekas.

Dalam jangka panjang ada beberap keuntungan yang bisa dimiliki oleh mereka yang memiliki rumah dibandingkan dari yang hanya menyewa.

Jadi, ayo mulai sekarang atur keuangan Anda dengan lebih baik sehingga Anda bisa memiliki rumah impian Anda.