Investor vs Trader, Mana Lebih Oke? [willy update]

Dalam dunia pasar modal, para pelaku memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan dari transaksi yang dilakukan. Cara memperoleh keuntungan setiap orang juga berbeda-beda; ada yang memilih menjadi trader dan ada juga yang memiih menjadi investor. Berbeda tujuan, cara memperoleh keuntungan juga berbeda. Mari kita kenali karakteristik keduanya dan perbedaannya:

1. Investor

Seseorang disebut investor adalah karena biasanya mereka melakukan transaksi untuk tujuan investasi. Tentunya karena tujuannya investasi maka untuk time horizon yang dilihat adalah jangka panjang.

Keuntungan yang didapatkan seorang investor biasanya melalui pembagian dividen yang dibagikan oleh perusahaan dan juga capital gain. Untuk pembagian dividen diputuskan oleh perusahaan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Baca juga: Untung & Rugi Saham

Dalam memilih perusahaan yang sahamnya akan dibeli untuk tujuan investasi, seorang investor harus memperhatikan laporan keuangan. Tiga dasar utama yang diperhatikan adalah pendapatan, laba, dan hutang. Ada banyak pendekatan untuk menentukan apakah suatu saham mahal atau murah? NgaturDuit.com telah mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang membantu menghitung harga wajar suatu saham, bernama IDX Watch. Silahkan download di Google Playstore, iOS menyusul.

Jadi, investor adalah pelaku pasar (baik individu atau perusahaan) yang melakukan transaksi untuk tujuan jangka panjang. Keuntungan dididapatkan dari dividen dan juga capital gain.

2. Trader
Trader merupakan pelaku pasar saham yang mendapatkan keuntungan dari naiknya harga saham yang dibeli (capital gain) dan biasanya memiliki time horizon yang pendek.

Dari segi waktu trading, Trader bisa dipecah menjadi 3 kategori:

  • Day Trader: berusaha mengambil keuntungan dari selisih harga (beli dan jual) dalam satu hari dengan memperhatikan momentum pergerakan harga pada hari itu.
  • Swing Trader: berusaha mengambil keuntungan dalam jangka waktu beberapa hari-minggu.
  • Position Trader: berusaha mengambil keuntungan dalam kurun waktu beberapa minggu-bulan.

Jadi, trader adalah pelaku pasar yang melakukan transaksi untuk tujuan jangka pendek dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga saat membeli dan menjual. Trader memperhatikan pergerakan harga saham sedangkan Investor memperhatikan kinerja perusahaan.

Akhirnya, kita tentu bertanya manakah yang lebih baik? Sayangnya, tidak ada jawaban absolut karena jawaban untuk setiap orang akan berbeda karena ilmu yang diperlukan dalam mendalami peran investor atau trader berbeda dan profil resiko setiap orang tidak sama.

Di artikel selanjutnya, kita akan bertanya pada Willy, apakah dia berencana untuk menjadi seorang investor atau trader?

User Rating: 5.0 (2 votes)
Sending