Apakah Anda tau Reksadana itu apa? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui apa itu reksadana walaupun sekarang mulai bertambah terus masyarakat yang berinvestasi di reksadana. Berdasarkan UU Pasar Modal No. 8 tahun 1995, pasal 1 ayat 27 Reksadana adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi yang telah mendapat ijin dari Bapepam.

 

Reksadana terdiri dari 2 kelompok, reksadana terstruktur dan reksadana konvensional. Di Indonesia, reksadana konvensional lebih dikenal oleh masyarakat. Reksadana konvensional terdiri dari 4 jenis

reksadana yang berbeda dari komposisi portfolio investasi, tingkat resiko dan jangka waktu dari investasi

tersebut.

  1. Reksadana Pasar uang biasanya menginvestasikan dananya di produk-produk pasar uang seperti deposito, surat hutang jangka pendek yang memiliki resiko rendah. Reksadana jenis ini lebih cocok digunakan untuk tujuan jangka pendek (< 1 tahun).
  2. Reksadana Pendapatan Tetap menggunakan produk-produk investasi yang memiliki return yang cukup stabil seperti obligasi. Tujuan-tujuan jangka menengah (1-3 tahun) biasanya lebih cocok dicapai dengan menggunakan reksadana ini.
  3. Reksadana Saham merupakan reksadana yang memiliki resiko paling tinggi karena sebagian besar portfolionya terdiri dari saham. Makanya lebih baik berinvestasi di reksadana saham untuk tujuan jangka panjang (> 5 tahun).
  4. Reksadana campuran adalah gabungan dari reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham sehingga lebih cocok untuk digunakan untuk tujuan jangka menengah-panjang (3-5 tahun).

Tahukah Anda kelebihan dari reksadana? Kelebihannya selain dapat diinvestasikan dalam jumlah uang yang tidak besar (100-200 ribu rupiah), mudah dibeli karena beberapa Manajer Investasi dan agen penjual reksadana sudah menyediakan fasilitas pembelian online, dikelola oleh profesional yang memang memiliki kompetensi (Wakil Manajer Investasi), dan juga memiliki return yang cukup menarik bahkan dapat melebihi laju inflasi jika dapat memilih produk yang tepat.

 

Saat ini tim AFC bekerjasama dengan NgaturDuit.com ( www.ngaturduit.com ) dalam memilih 40 reksadana yang direkomendasikan dan telah dianalisa oleh Tim AFC, namun jika pilihan-pilihan tersebut dirasa masih terlalu banyak maka berkonsultasilah dengan para Financial Planner di AFC yang akan membantu anda mencapai tujuan keuangan anda dengan pemilihan produk reksadana yang lebih spesifik dan disesuaikan dengan tujuan dan profil resiko anda.

 

So, Anda, are you ready to invest in Reksadana?

 

Dengan hormat,

 

Tim NgaturDuit.com

email: contact@ngaturduit.com

twitter: http://twitter.com/ngaturduit

 

Disclaimer:

Segala opini, kesimpulan dan informasi lain yang terdapat di dalam tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan belum tentu mewakili pendapat atau pandangan NgaturDuit.com

 

Isi dari tulisan ini tidak dimaksudkan sebagai saran untuk membeli atau menjual produk keuangan mana pun. Semua transaksi yang dilakukan merupakan tanggung jawab masing-masing.