Investasi Emas, Seberapa Menjanjikan ?

Emas, adalah produk investasi yang digemari diseluruh dunia, dari jaman dahulu kala. Dengan berbagai alasan, hampir semua orang di dunia ini memiliki emas sebagai produk andalan investasinya. Para investor yang agresif memegang emas untuk mengamankan uangnya saat harga saham dunia jatuh. Orang tua dan nenek kita memegang emas, karena  barangnya jelas, kita pegang sendiri, dan mudah diperjualbelikan.  Sementara banyak orang lainnya memiliki emas karena berharap kenaikan harganya bisa meningkatkan kekayaan mereka dengan hasil yang cukup baik.

 

Apakah emas masih menjanjikan saat ini ?

Seperti produk investasi lainnya, tidak pernah ada hasil yang pasti. Kadang-kadang harga emas meningkat tinggi, kadang-kadang turun, kadang-kadang diam begitu saja. Emas memiliki masa jayanya beberapa tahun lalu diantara tahun 2008 – 2010. Kenaikan emas bisa mencapai 30% per tahun. Tapi sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 ini, harga emas tidak memberikan hasil yang seperti kita harapkan.

 

Secara rata-rata jangka panjang, mungkin kita bisa berharap hasil dari investasi emas antara 5% sampai dengan 10% per tahun. Itulah hasil yang bisa kita harapkan dari emas. Diluar itu, sebaiknya kita melihat kelebihan lain dari emas.

 

Emas disukai oleh banyak orang, karena barangnya jelas kita pegang. Beda dengan investasi di saham atau pun reksa dana yang hanya sekedar catatan di kertas. Kalau kita ingin menjual emas, maka kita tinggal pergi ke toko emas, dan langsung bisa mendapatkan cash saat itu juga. Kelebihan lain dari emas adalah harganya akan meningkat saat harga saham di pasar modal turun. Menjadi back up yang melindungi nilai harta kita saat portofolio saham kita turun.

 

Seperti  prinsip investasi yang utama, selalu buat diversifikasi dari kekayaan kita. Jangan hanya ditempatkan pada satu jenis investasi saja. Maka dengan melihat pada kelebihannya, pilihlah emas sebagai salah satu produk investasi yang kita miliki. Kalau harganya kurang bagus saat ini, untuk jangka panjang emas akan memberikan hasil yang cukup baik untuk investasi kita.

 

Tejasari CFP®

 

http://new.tatadana.com/investasi-emas-seberapa-menjanjikan/