Ini Alasan Kenapa Anda Harus Gunakan Perencana Keuangan untuk Cegah Kesalahan Keuangan

20160421 - Perencana Keuangan checkup keuangan harus ke mana?

Ke mana kita akan pergi kalau sakit? Dokter. Ke mana kita akan pergi kalau mobil kita rusak? Bengkel.

Tiap penyakit khusus membutuhkan dokter spesialisnya untuk menyembuhkan. Setiap hal yang unik membutuhkan penangana yang unik pula agar sesuai. Demikian pula untuk urusan keuangan maka spesialis yang bisa menanganinya adalah perencana keuangan (financial planner) atau perencana keuangan.

Penasaran mengapa Anda harus menggunakan perencana keuagan agar keuangan Anda tidak ‘sakit’, ini beberapa alasannya.

1. Bukan bagi orang kaya
Banyak yang urung bertemu perencana keuangan dengan alasan jumlah tabungan atau keuangannya belum perlu diatur alias masih sedikit. Padahal, sama seperti prinsip investasi, makin awal direncanakan maka akan makin besar potensi untungnya. Maka sedini mungkin bertemu perencana keuangan akan semakin baik.

2. Saran Sang Ahli
Kita bukan dokter, maka jangan sok-sokan memberi resep obat pada orang sakit. Kita bukan ahli finansial, maka jangan gegabah merencanakan keuangan jika memang berniat untuk mengatur, berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Perencana keuangan memiliki pendidikan, keahlian dan pengalaman dalam menangani masalah keuangan. Misalnya, bagaimana mempersiapkan dana pendidikan anak, mereka tahu cara yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Saran Terbaik adalah dari Luar
Kenapa kita butuh orang ketiga untuk menasehati kita saat berkonflik dengan pasangan? Karena orang luar biasanya lebih netral dan tidak tercampur emosi. Begitu pun perencana keuangan.

Mereka bisa melihat hal-hal seputar finansial kita yang tidak terlihat oleh kita. Apalagi saat kita tengah berada dalam kondisi terpuruk soal finansial, perencana keuangan akan membantu kita mencari solusi secara objektif.

4. Bantuan Realisasi Rencana Keuangan
Rencana tanpa realisasi? Percuma. Dengan ilmunya, seorang perencana keuanganlah yang akan membantu kita menyiapkan pilihan langkahnya dan mendesak kita disiplin mematuhinya. Mereka akan mengatur target pencapaian keuangan kita dalam beberapa waktu ke depan. Yang dari target itu, satu per satu mereka turunkan menjadi langkah konkrit.

5. Bantuan Mencari Produk Keuangan
Tawaran dan informasi untuk investasi bertebaran di sekeliling kita. Namun, dari mana kita bisa tahu yang tepat untuk kita ambil? Perencana keuanganlah jawabannya.

Sebenarnya, kita bisa mencari tahu sendiri dengan bertanya ke beberapa pihak, seperti bank. Namun, kita harus siap-siap dengan risiko rugi di tengah-tengah karena ternyata kita salah pilih jenis investasi.

Nah, perencana keuangan bisa membantu kita melihat dari sisi lain finansial kita dan memberikan saran untuk pilihan yang tepat atau pas.

6. Tiga Layanan
Biasanya, perencana keuangan menawarkan tiga jenis jasa: Membuat dan mengimplementasikan rencana keuangan, konsultasi keuangan, dan melakukan pelatihan penyusunan rencana keuangan.

Kita bisa memilih jasa mana yang pas untuk kita. Apakah untuk berkonsultasi saja atau jika perlu bisa pula ikut pelatihan agar kita bisa belajar mengatur keuangan sendiri. Hitung-hitung investasi dalam segi ilmu.