Ingin Nikah

Semua orang lajang pasti ingin menikah dengan pasangannya. Tapi apakah semudah hanya merencanakan dananya saja? Artikel ini akan sedikit berbeda dari artikel keuangan lainnya, karena saya akan coba membahas bagaimana seharusnya perencanaan menikah dilakukan dan sampai sejauh mana. Tidak murni membahas teknis keuangannya, tapi cara pandang gaya hidup pernikahan. Saya membahas ini karena saya merasa ada hal-hal yang perlu dibicarakan terlebih dahulu, bahkan sebelum kita membicarakan anggaran pesta pernikaha dengan pasangan.

 

Menurut saya, ketika sebelum menikah ada saat atau titik dimana kita perlu membuka dan membicarakan mengenai kondisi keuangan saat menikah, visi ke depan, dan berbagai kemungkinan yang akan terjadi setelah menikah. Beberapa dari kita mungkin masih sungkan (atau mungkin merasa tabu) untuk membicarakan mengenai masalah keuangan bersama pasangan sebelum menikah. Tapi, pasangan kita adalah pilihan yang kita pilih untuk menjadi suami atau istri. Seharusnya tidak ada lagi rasa sungkan, karena cepat atau lambat ia akan mengetahui isi dompet dan brangkas kita (kecuali jika ternyata kita sendiri belum yakin dengan mereka).

 

Membahas mengenai kondisi keuangan pribadi saat ini akan sangat membantu kita ketika ingin merencanakan anggaran pesta pernikahan ( Bisa atur anggaran dengan login ke www.ngaturduit.com > Pengaturan > Anggaran ). Anda hanyalah pegawai biasa di sebuah bank, dan bukan dari keluarga berada. Bagaimana jika pasangan anda ternyata ingin mengadakan pesta senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah? Kita tidak mungkin hanya menolak tanpa alasan yang jelas. Katakan mengenai kondisi yang sebenarnya dan beberapa alternatif solusi yang bisa diambil. Sepakati secara jelas.

 

Membicarakan mengenai visi keuangan dan berbagai implikasi ke depannya juga dapat membantu kita dan pasangan dalam menjalani hubungan. Paling sederhana adalah mengenai pendidikan anak. Sang istri ingin memiliki 4 anak, agar rumah selalu terasa ramai. Menyenangkan, tapi apakah memungkinkan? Keduanya harus lebih dahulu memahami bahwa dana pendidikan saat ini tidak ada yang murah. Apalagi berbicara kenaikan tiap tahun yang bisa menyentuh 20-40% per tahun.

 

Banyak hal yang perlu dibahas mengenai keuangan sebelum menikah. Sinkronisasi ini akan membantu kita dan pasangan untuk lebih terhubung satu sama lain. Jadi, jika anda berencana menikah dalam waktu dekat, cobalah untuk membahas mengenai keuangan dan visi bersama dengan pasangan. Karena kita semua tahu, semakin dini kita sepakat dan sepaham, maka akan semakin baik untuk semuanya.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com