Hari Ini dan Masa Depan

 

Kalender sudah masuk ke penghujung bulan. Ini artinya beberapa dari Anda sudah memasuki zona Waktu Indonesia Bagian Gajian. Bagi Anda yang pekan lalu hanya bisa mengonsumsi mi instan, kini sudah bisa bernafas lega. Waktu dimana Anda bisa mengonsumsi menu makanan yang lebih bernutrisi. Waktu dimana senyum Anda bisa kembali terkembang sekali lagi.

 

Berkaitan dengan gajian, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Bahwasanya Anda hidup di dua waktu, yaitu hari ini dan masa depan. Artinya apa? Artinya penghasilan atau gaji yang Anda peroleh saat ini harus digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup di hari ini DAN di masa depan. Kalau Anda menggunakan gaji tersebut hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini, maka hidup Anda akan cenderung bergantung kepada penghasilan atau gaji rutin tiap bulan.

 

Anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengimbangi kebutuhan hari ini dan masa depan. Pertama, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di satu jam mendatang, satu hari mendatang, atau satu tahun mendatang. Karena itu, penting bagi Anda untuk melindungi diri dari berbagai ketidakpastian tersebut, baik dalam periode jangka pendek maupun dalam periode jangka panjang. Ketidakpastian dalam jangka pendek dapat Anda lindungi dengan Dana Darurat, sedangkan untuk jangka panjang dapat Anda lindungi dengan Asuransi. Dan untuk memenuhi keduanya, Anda harus melakukan alokasi dari penghasilan atau gaji rutin Anda tiap bulan.

 

Kedua, Anda tahu apa yang Anda inginkan satu tahun mendatang, lima tahun mendatang, atau sepuluh tahun mendatang. Oleh karena itu, diperlukan satu upaya sejak dini atau saat ini untuk dapat memenuhi berbagai keinginan tersebut. Salah satu cara untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, adalah melakukan investasi. Investasi akan membantu Anda untuk mencapai berbagai kebutuhan dana tersebut dalam periode waktu tertentu. Jenis dan produknya sangat banyak, sehingga sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum Anda memutuskan untuk memulai berinvestasi.

 

Dari kedua hal tersebut, Anda telah mendapatkan gambaran betapa pentingnya menyeimbangkan antara kebutuhan hari ini dan masa depan. Dari keduanya pula, kini seharusnya Anda mulai memahami bahwa penghasilan atau gaji yang selalu Anda peroleh tiap akhir bulan, tidak boleh dihambur-hamburkan hanya untuk hari ini saja. Jadi, mulailah atur pengeluaran Anda hari ini.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

ralph lauren outlet,polo ralph lauren italia,christian louboutin australia,louis vuitton bags uk,ralph lauren soldes