Harga Emas Turun, Apa yang Harus Dilakukan?

investasi-emas11-443x270

Bulan Juli, emas ternyata mengalami penurunan yang cukup drastis, hingga nyaris menyentuh level $1000/troy ounce. Ini akibat menguatnya dollar Amerika, dan isu-iu global.

Malah, dengan kondisi seperti ini, tidak menutup kemungkinan emas kembali  ke sebelum tahun 2009, di mana emas masih di area $800an/troy.

Kalau begini kondisinya, apa kira-kira yang bisa Anda lakukan? Apakah Anda lebih bagus jual rugi saja simpanan emas Anda? Kuncinya, jangan tergesa-gesa. Sambil melihat keadaan, Anda pikirkan beberapa kemungkinan berikut.

  1. Rebound

Walau turun, tapi peluang emas untuk rebound masih terbuka, jadi tidak ada salahnya kalau Anda setidaknya mempertahankan dulu emas yang Anda miliki, apalagi kalau yang Anda punya adalah fisik logam mulianya. Kemungkinan harga emas rebound tampaknya masih lama, jadi ini kembali lagi kepada apakah Anda memerlukan dana dalam waktu dekat atau masih lama.

  1. Terus Turun

B.L.A.S.H adalah akronim untuk Buy Low And Sell High. Dengan konsep ini, melihat peluang emas masih bisa ke arah $1000, sukur-sukur bisa tembus $800 lagi seperti dulu. Tidak salah kalau pelan-pelan Anda tambah koleksi logam mulia Anda. Sehingga ketika rebound dan kembali ke area $1200an, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Hedging dengan Mata Uang

Anda bisa membatasi dampak penurunan harga emas maupun pelemahan Rupiah dengan memiliki mata uang negara lain. Mungkin akan ada yang menuduh ‘tidak nasionalis’, tapi sebagai investor, Anda tentu jangan sampai terima rugi konyol begitu saja. Dinamika ekonomi sangat rumit, bukan sekedar membeli produk dalam negeri, meningkatkan ekspor, pakai Rupiah. Dengan ekonomi dunia yang semakin terhubung, kebijakan setiap negara memiliki dampak terhadap negara lainnya. Jika memiliki dana tak terbatas, tentu boleh bersikap beda. Namun jika dana terbatas, kami rasa jangan melawan tren (the trend is your friend).

Volatilitas pasar tidak ada yang tahu, harga kemarin belum tentu bisa dijadikan acuan harga di hari kemudian. Oleh karena itu, yang terpenting dari Anda, jangan panik, selalu cari produk alternatif investasi yang bisa dijadikan sarana hedging, dan yang terakhir, have fun(d)… J

Bagi yang punya pengalaman menarik dengan emas, tolong share dong di bawah…