Fitness Dompet

fitness dompet

Bingung dengan judul di atas? Tidak usah bingung, karena ini yang akan kita bahas di artikel kali ini. Bagaimana cara dompet kita bisa tetap sexy dan pemiliknya juga tetap sexy. Hmmm…menarik bukan?

Kita mulai dari dompet kita. Sebelum kita buat dompet kita sexy, coba lihat dulu apa yang utama menjadi isi dompet kita? Tagihan? Nota belanja? Kartu kredit? Atau kartu debit? Kalau, tiga yang pertama yang jadi isi yang paling banyak, maka ini yang mau kita kurangi, sambil kita perbanyak kartu debit kita atau e-money kita.

Jaman sekarang banyak pakar bilang kita sedang mengalami masa susah, bahkan ada yang bilang kita mulai masuk krisis. Tapi, jaman sekarang juga semakin banyak peluang yang bisa kita hasilkan untuk menjadi pendapatan tambahan kita.

Kembali ke dompet kita, kalau masih banyak tagihan, nota belanja atau kartu kredit, ini menandakan kita masih banyak pengeluaran yang tidak diimbangi dengan pemasukan. Walaupun mungkin pengeluaran kita secara bulanan masih jauh lebih sedikit dari pemasukan kita, tapi selama kita masih mengandalkan satu sumber pemasukan, akan lebih besar resikonya, dibanding kalau kita memiliki beberapa pemasukan, tapi perlu diingat juga, jangan sampai pemasukan yang terlalu banyak membuat kita kewalahan dan malah badan kita yang jadi tidak sexy.

Maka, munkin selain mengandalkan pemasukan utama dari gaji bulanan, kita bisa menambah satu hingga dua pemasukan yang sifatnya rutin tapi tidak terlalu menganggu aktifitas kerja kita, mungkin bisa sambil berjualan di kantor jika mungkin atau menjadi penulis blog, dan lain-lain. Pemasukan utama kita untuk bayar-bayar hutang, dagangan buat biaya harian, dan hasil menulis untuk menabung atau investasi.

Di atas kita singgung sedikit memperbanyak kartu debit atau e-money, itu sebenarnya untuk apa? kartu debit atau e-money berguna untuk membantu kita mempermudah membuat anggaran. Misal, kartu debit Bank A bisa untuk bayar-bayar tagihan, kartu debit bank B buat biaya harian seperti belanja bulanan, dll. E-money bank A untuk biaya transportasi, e-money bank B buat biaya yang lainnya.

Mungkin ada juga yang bertanya, kalau kartu debit ada banyak, untuk apa punya kartu kredit? Kartu kredit diperlukan bila keadaan darurat terjadi, misal harus masuk rumah sakit atau kita sedang berlibur untuk jaminan penginapan. Selain itu, dengan kita punya tagihan kartu kredit yang lancar, ini akan menjadi poin baik bagi pihak perbankan untuk memberikan kita kredit-kredit yang lebih besar, seperti kredit rumah, mobil, atau usaha.

Setelah kita buat dompet kita sexy, dengan mengurangi tagihan, dan biaya-biaya tidak perlu. Kita bisa mulai membuat tubuh kita yang sexy. Bagaimana caranya? Yang paling mudah adalah mengurangi biaya transportasi yang tidak perlu, misal, yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi, bisa beralih ke kendaraan umum. Tapi, cari kendaraan umum yang bisa menampung banyak penumpang, sehingga biaya nya semakin sedikit, misal transjakarta, commuter line, atau nanti ada LRT, dan lain-lain.

Transportasi publik yang bersifat massal ini biasanya letaknya agak jauh tapi tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga membuka kesempatan untuk kita jalan kaki ke halte atau stasiun terdekat, ditambah kalau harus naik tangga, otomatis ini akan mengurangi kalori yang ada ditubuh kita. Kalau kita lakukan ini rutin 20 menit pagi – 20 menit sore, maka hasilnya akan terasa dalam 2-3 bulan.

Memang, kenyamanan kita mungkin berkurang, tapi itu kenyamanan yang sifatnya sementara, sedangkan karena sering berolahraga, tidur malam kita akan lebih nyenyak, yang artinya lebih nyaman, dan pagi hari kita lebih segar. Di jaman serba sibuk ini, dompet dan tubuh yang sehat sangat penting dan sangat berkaitan, karena saling menunjang. Karena tubuh sehat, kita jadi mudah cari penghasilan tambahan, dengan penghasilan tambahan, mempermudah kita menjaga kesehatan.

Jika punya pengalaman memper-sexy dompet, silahkan di share ke sini…