Apakah Anda tahu dengan istilah Financial Checkup?

Financial Check Up serupa dengan Medical Check Up yang mungkin lebih sering kita dengar. Sama-sama Check Up atau memeriksa, bedanya ada di objek yang diperiksa. Jika Medical Check Up memeriksa kondisi kesehatan tubuh, maka Financial Check Up memeriksa kondisi keuangan. Pemeriksaan kesehatan atau keuangan umumnya punya tujuan sama, yaitu untuk melihat kondisi keuangan saat ini (mana yang sehat dan mana yang tidak sehat) dan kemudian merencanakan perbaikan atau peningkatan kearah kondisi yang sehat.

Tentunya kita ingin memiliki kondisi keuangan yang sehat. Bagaimana memeriksa kondisi keuangan? Beberapa titik pemeriksaan adalah: total aset, total hutang/kewajiban, total pendapatan & pengeluaran, total cicilan, dan total tabungan. Kondisi keuangan dikatakan sehat bila memenuhi beberapa contoh kriteria berikut: total hutang tidak melebihi 50% dari total aset, total pengeluaran tidak melebihi pendapatan, total cicilan hutang tidak melebihi 30% total pendapatan, dan minimal 10% dari pendapatan disisihkan untuk menabung.

Dengan NgaturDuit.com, Anda sekarang sudah gak perlu repot lagi hitung-hitungan rumus di atas karena NgaturDuit.com menyediakan Simple Financial Checkup. Coba login di NgaturDuit.com kemudian pilih menu tools. Nah, pilih Financial CHeckup dan isi data keuangan Anda di situ. Hasil checkup akan disimpan dan bisa di review  atau print kapan saja.

Dengan melakukan Financial Check Up memungkinkan kita bisa lebih memahami serta melakukan kontrol atas kondisi keuangan kita. Financial Check Up yang menyeluruh akan memberikan gambaran perencanaan keuangan yang dibutuhkan dan bisa segera dilakukan agar tujuan keuangan yang diinginkan tercapai (contoh tujuan: Dana Pendidikan Anak, Dana Pensiun, Dana Pembelian Rumah, dll)

Dengan dinamisnya kondisi keuangan, Financial Check Up perlu dilakukan secara berkala layaknya pemeriksan kesehatan tubuh. Financial Check Up perlu dilakukan paling tidak setahun sekali atau setiap kali ada perubahan gaya hidup (naik gaji, pindah rumah, dan sebagainya).

So, Get Your Financials Checked Up!

Dengan hormat,

Tim NgaturDuit.com
email: contact@ngaturduit.com
twitter: http://twitter.com/ngaturduit

 

Disclaimer:

Segala opini, kesimpulan dan informasi lain yang terdapat di dalam tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan belum tentu mewakili pendapat atau pandangan NgaturDuit.com

Isi dari tulisan ini tidak dimaksudkan sebagai saran untuk membeli atau menjual produk keuangan mana pun. Semua transaksi yang dilakukan merupakan tanggung jawab masing-masing.