Fed Naikan Bunga, Hikmah Buat IHSG

hdx weekly

 

Kenaikan Fed rate juni itu sebenarnya positif karena membuktikan global economy sudah recover sehingga komoditas dan pasar saham global akan mulai bottoming.

Dengan adanya kepastian mengenai arah policy ekonomi oleh the Fed maka pelaku pasar akan menjadi lebih tenang dalam investasi ke berbagai bentuk asset.

Bagi kaum bearish yang mempunyai argumen kenaikan bunga the Fed akan membuat pasar saham dan global turun, maka sebagai bukti sejarah trend di 2004-2006 fed rate naik 1-6%, pasar saham dan komoditas naik 2x lipat.

Kami melihat QE dari Asia dan Eropa akan membuat liquiditas global tersedia untuk investasi asset berisiko seperti emerging markets.

Rupiah diatas 13.000 kok IHSG masih naik?
Selain pasar sudah mulai terbiasa dengan kurs 13.000, penjelasan simple adalah bahwa daya beli masyarakat sekarang berbeda dengan keadaan terakhir kali rupiah di 13.000 pada 2008 dan 1998 walaupun inflasi juga naik.

Walaupun secara inflasi sekarang lebih tinggi dari 2008, namun UMR sudah 2,5jt versus UMR 700rb pada 2008 dengan kurs 13.000 sehingga daya beli konsumer dalam negeri masih ok.

Akibat inflasi, harga asset berbentuk rupiah juga jauh lebih tinggi dari 2008 walaupun sekarang mengalami penurunan.

Rekomen sektor perbankan dilirik
Dari segi teknikal kami melihat sektor perbankan big dan small cap BUMN akan menjadi gerbong pendorong utama IHSG, rekomen akumulaso untuk breakout dan kontinuasi kenaikan berikutnya.

 

stock pick mingguan dapat diakses melalui aplikasi IDX Watch. Download IDX Watch di:

IDX Watch iOS IDX Watch Android

(Disclaimer on) Investasi di pasar modal adalah hal yang beresiko dan dapat mengakibatkan kerugian material. Tulisan ini hanya  bertujuan hanya sekedar memberikan informasi dan tidak boleh ditafsirkan sebagai ajakan atau penawaran untuk membeli dan/atau menjual efek atau instrumen keuangan lainnya. Setiap keputusan investasi yang di ambil merupakan tanggung jawab sepenuhnya investor

Senior Research PT. HD Capital Tbk

[ Tips : Akses Online Trading Platform secara gratis dengan mengakses "menu investasi" di www.ngaturduit.com ]

Tags: