Dilema Keluarga Muda

Bisa dibilang, menjalani masa kehidupan sebagai keluarga muda tidak gampang. Entah bagaimana dengan kehidupan keluarga jaman dulu, tapi kehidupan keluarga muda saat ini dihadapkan oleh banyak tantangan. Dengan banyaknya kebutuhan di saat ini yang harus dipenuhi, terkadang berbenturan dengan berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan. Keluarga muda dihadapkan dengan dilema antara prioritas yang satu dengan yang lain.

 

Keluarga muda umumnya memiliki usia pernikahan kurang dari 5 tahun. Mereka hidup dengan dikaruniai seorang atau bahkan sepasang anak. Beberapa masih tinggal bersama dengan orang tua, karena kekuatan finansial mereka masih terbatas untuk bisa mengakuisisi aset rumah secara mandiri. Walaupun begitu, mereka tetap berupaya untuk secepatnya bisa berpisah dari rumah orang tua.

 

Terlepas dari berbagai kebutuhan dan tujuan keuangan di masa depan, beberapa keluarga muda masih dibayangi dengan gaya hidup mereka sebelum menikah. Mereka membawa resiko dari masa lalu, terutama akan terasa bila gaya hidup mereka cukup konsumtif pada saat masih lajang. Tidak sedikit, para keluarga muda yang harus berjuang menyelesaikan tagihan utang kartu kredit yang mereka gunakan untuk berbelanja pada saat lajang. Bagi mereka yang terbiasa menopang gaya hidupnya dengan kartu kredit, tentu hal ini akan membebani pada saat kehidupan berkeluarga dimulai.

 

Selain itu, sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, ada kebutuhan bagi keluarga muda untuk segera keluar dari rumah orang tua dan memiliki tempat tinggal sendiri. Apapun jenis properti yang akan dipilih, yang jelas para keluarga muda harus mempersiapkan kondisi keuangannya sebaik mungkin. Jika kita berada di posisi tersebut, lokasi tidak bisa menjadi satu-satunya pertimbangan, tapi kekuatan keuangan pun harus menjadi perhatian.

 

Belum selesai dengan pertimbangan untuk memiliki tempat tinggal sendiri, para keluarga muda kembali dibuat bingung dengan kewajiban mereka untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya. Keluarga muda yang sudah memiliki 2 orang anak, tentu memiliki tantangan yang berbeda dengan keluarga muda yang baru memiliki 1 orang anak. Keluarga muda yang memiliki 2 orang anak pun, akan memiliki tingkat kesulitan dengan keluarga muda yang ternyata memiliki anak kembar.

 

Dengan berbagai tantangan dan kebutuhan tersebut, tentu para keluarga muda dihadapkan pada dilema. Manakah yang harus saya utamakan? Tentu semuanya harus diutamakan. Nah, jika sudah begini, para keluarga muda dituntut untuk bisa mengelola strategi keuangan yang sesuai agar pemenuhan semua tujuan keuangan dapat berjalan secara selaras.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com