Jika Anda bertanya kepada teman-teman, Anda akan menemukan bahwa ternyata hanya sebagian kecil yang mengasosiasikan kata Kaya dengan kepemilikan barang mewah seperti rumah besar atau kapal pesiar. Sebagian besar masyarakat menganggap Kaya adalah memiliki harta yang cukup sehingga tidak harus bergantung pada gaji bulan berikutnya. Beberapa orang mungkin menganggap Kaya adalah memiliki uang yang cukup bagi mereka untuk berhenti bekerja. Istilah kerennya, Financial Freedom. Namun mungkin Anda akan kesulitan mendapat jawaban yang seragam jika Anda meminta mereka untuk menentukan suatu angka yang menurut mereka adalah batasan Kaya.

Hal tersebut adalah karena Kaya merupakan suatu kondisi seseorang memandang dirinya sendiri, bukan tentang seberapa mahal barang yang mampu dibelinya. Mau buktinya? Jika teman Anda ada yang menjawab nominal tertentu sebagai batasan Kaya, coba ditanya lebih lanjut “Saya akan berikan senilai itu jika Anda potong kaki Anda. Mau?” Kemungkinan besar tidak. Sebab Kaya merupakan kondisi dimana seseorang merasa bahagia dan sejahtera, bukan uang semata.

Jadi ingatlah, dalam mencari kekayaan (uang), jangan korbankan kebahagiaan Anda. Pada akhirnya, Anda tidak akan merasa kaya walaupun tujuan keuangan Anda tercapai.

User Rating: 5.0 (2 votes)
Sending