Dana Tambahan Dari Hobi

travelling

Yuk, Cari Penghasilan Tambahan dari Hobi

Menjalani hobi tentunya hal yang menyenangkan bagi kita semua. Akan tetapi, pengeluaran untuk hobi ini terkadang bisa mengganggu kantong kita. Untuk yang sudah  menjalaninya dengan serius, inginnya bisa membeli peralatan dan perlengkapan yang terbaik. Sayangnya, produk yang terbaik kadang harganya tidak murah.

 

Bagaimana kita bisa menjalani hobi tanpa mengganggu keuangan kita ?

Ya, ayo kita cari penghasilan tambahan dari hobi yang kita jalani. Tentunya sangat menyenangkan. Bisa dibilang, kita bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Senang menjalani pekerjaannya karena memang sudah hobi, sekaligus kita mendapatkan penghasilan dari melakukannya.

 

Apa saja hobi yang bisa memberikan penghasilan ? tentu hampir semua hobi bisa memberikan penghasilan asal kita pintar pintar melihat kesempatan yang terbuka. Sebut saja, hobi melukis, hasil lukisannya pasti bisa dijual lho. Coba ikuti beberapa pameran lukisan atau bergabung dalam kelompok pelukis yang sudah memiliki pangsa pasar yang baik. Bagaimana kalau hobi olahraga ? memenangkan lomba atau menjadi pelatih adalah salah satu penghasilan yang bisa diperoleh. Akan tetapi, tentu saja kita harus jago sekali dan mendalaminya dengan serius. Bagaimana kalau kita hanya sedang sedang saja kemampuan olahraganya, cobalah berjualan accessories yang berkaitan dengan hobi olahraga kita. Masuk dalam komunitas olahraga, tentunya kita punya banyak teman yang sehobi dan membutuhkan accessories. Ayo, jangan ragu tawarkan barang-barang menarik untuk mereka.

 

Banyak hobi lain yang bisa memberikan penghasilan tambahan buat kita. Hobi jalan-jalan ? membuat paket tur tentu sebuah hal yang menarik untuk dijalankan. Hobi membuat kue ? tawarkan kue yang kita buat pada saudara dan teman, jalani dengan serius, siapa tahu bisa menjadi bisnis yang berkembang baik buat kita.

 

Ya, kalau hobi, kadang kita tidak terlalu memikirkan untungnya, asal memberikan penghasilan yang cukup buat kita, ya sudahlah. Tidak ada hitung hitungan yang terlalu berbelit saat menjalankannya. Tapi, kalau kita ingin menjalankannya menjadi bisnis yang serius, kenapa tidak ? nah, kalau kita ingin lebih serius, maka jangan lupakan prinsip berbisnis, coba langkah sederhana berikut ini :

 

1. Mulai dengan pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang rapih. Jangan lupa catat pula modal yang kita tanamkan di awal. Pencatatan yang rapih adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis, sesederhana apapun bisnis tersebut.

2. Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Dengan cara ini, kita bisa tahu apakah bisnis kita menguntungkan atau tidak. Juga cash flow untuk bisnis menjadi jelas

3. Ingin berpartner dengan teman. Buatlah kesepakatan yang tertulis di awal, agar kedepannya tidak terjadi perselisihan.

 

 

Menjalankan hobi sekaligus mendapatkan tambahan penghasilan……. Wah tentunya luar biasa sekali. Selamat bersenang-senang

Tejasari CFP®

 

 

Tags:,
  • mektobat

    Inspiratif. Ane uda bikin seh pencatatan pemasukan dan pengeluaran seadanya yang ane bisa. Cuman tabel doang isinya kiri pengeluaran, kanan pemasukan. Tapi belum disiplin nyatet terus. Ane akan lebih disiplin. Untuk poin 2 (cash flow) dan 3 (kesepakatan tertulis) ane masi merangkak baru belajar ngatur duit, gan. Makasi banget artikelnya. Update terus blognya. Keep up the good work!

    • ngaturduit.com

      Terima kasih atas sharingnya. Semoga terus sukses dan lebih baik dalam mengatur duit