Dampak Pelemahan Rupiah Terhadap Investasi Anda

Pelemahan Rupiah

Rupiah Terus Melemah
Kita telah saksikan, bahwa sejak akhir tahun lalu Rupiah mengalami pelemahan yang cukup besar, dan kini telah mencapai titik terendahnya sejak krisis moneter 2008. Melemahnya Rupiah bahkan membuat beberapa orang yang mau jalan-jalan ke luar negeri tahun depan berpikir untuk mulai menyimpan Dolar AS sebagai persiapan.

Kenaikan Bunga The Fed Akan Semakin Menguatkan USD
Meskipun the Fed telah mengakhiri program pembelian obligasi pada Oktober 2014, bank sentral beberapa negara lain masih terus melakukan pembelian pada obligasi masing-masing, seperti European Central Bank dan Bank of Japan. Dengan pertimbangan the Fed akan menaikkan suku bunga Amerika, maka USD semakin menguat.

Mengapa the Fed kini bisa menaikkan suku bunga Amerika? Karena ekonomi AS sudah mulai pulih. Bahkan tingkat pengangguran AS saat ini berada di titik terendahnya.

Pelemahan Rupiah Pengaruhi Profit Anda
Coba kita lihat saja pergerakan Rupiah dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama 1 tahun ke belakang. Dari 16 Maret 2014 hingga 16 Maret 2015, Rupiah mengalami pelemahan sebesar 17%.

USD-IDR 1YSumber data: http://www.xe.com/currencycharts/?from=USD&to=IDR&view=1Y

Pada saat yang sama, IHSG menguat 11.5%, dari 4876 ke 5435.

IHSG 1Y - 17 mar 2015Gambar dari Trading Platform TC Pro

Artinya, jika Anda invest saham di Indonesia menggunakan Rupiah dengan strategi mengekor market cap IHSG, maka dari kacamata global, Anda sebenarnya tetap bertambah miskin sebesar 5.5%!! Mengapa? Karena keuntungan 11.5% dari investasi di instrumen berbasis Rupiah ternyata terkikis oleh pelemahan Rupiah sebesar 17%. Nah, jika Anda invest di Amerika Serikat, justru kebalikannya. Terhadap Indonesia, investor Amerika bertambah lebih kaya 17% hanya dari kurs. Jadi, seperti yang bisa dilihat, penguatan/pelemahan kurs bisa menghapus keuntungan investasi Anda.

Tapi, secara ekonomi, apakah pelemahan mata uang bagus atau gak? Kita akan bahas itu artikel selanjutnya.

User Rating: 5.0 (2 votes)
Sending