Cara Memilih Sekuritas

Bagi yang ingin atau bahkan sudah menjadi investor di pasar modal, tentu tahu bahwa setiap transaksi harus melalui pialang atau broker perusahaan sekuritas. Ada banyak sekali perusahaan sekuritas di Indonesia. Perusahaan sekuritas tidak beda dibanding perusahaan di industri lainnya yang saling berkompetisi dan memiliki kinerja yang berbeda-beda. Sebagai investor sudah selayaknya memilih perusahaan sekuritas yang memiliki kinerja baik sebagai tempat bertransaksi saham Anda. Bagaimana caranya memilih perusahaan sekuritas yang bagus? Kami akan coba paparkan beberapa kriteria untuk membantu Anda memilih.

Berikut adalah beberapa syarat yang menurut kami WAJIB DIMILIKI pialang/sekuritas:

  1. Memiliki Ijin. Bisnis pialang basisnya sama dengan bank, yaitu kepercayaan. Pialang harus memiliki ijin wakil perantara pedagang efek (WPPE), wakil manajer investasi (WMI) dan wakil penjamin emisi (WPE) yang dikeluarkan oleh Bapepam. Sedangkan supaya terdaftar di BEI, mereka harus memiliki Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB).
  2. BerpengalamanPastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah berpengalaman dan beroperasi sejak lama. Perhatikan juga posisi modal dan siapa pemiliknya.
  3. Transparan. Transaksi jual beli saham selalu tercatat. Sebagai investor Anda seharusnya dapat mengecek benar tidaknya transaksi Anda. Menjadi sebuah tanda tanya apabila Anda tidak mendapatkan laporan secara detil tentang transaksi Anda di bursa. Saat perusahaan sekuritas tersebut melakukan transaksi, Anda dapat melihat apakah perusahaan efek tersebut memasukan nama Anda atau tidak.
  4. Bebas Masalah. Pastikan Anda tidak memilih perusahaan sekuritas yang sering terkena teguran atau sanksi dari otoritas bursa. Pilihlah yang memiliki track record bersih dari pelanggaran-pelanggaran.

 

Berikut adalah kelebihan (nice to have) sekuritas yang bisa membantu menentukan pilihan:

  1. Riset yang Baik dan Objektif. Perusahaan sekuritas yang berkualitas biasanya memiliki unit riset dan analis yang kompeten, netral dan objektif dalam melakukan riset (berkualitas dan komprehensif). Ini bisa dilihat dari hasil riset mereka, yang dikeluarkan secara resmi melalui channel masing-masing ataupun melalui media termasuk rekomendasi (ketepatan dari rekomendasi tersebut).
  2. Modal dan Likuiditas CukupSemakin besar modal perusahaan, semakin kuat sekuritas tersebut. Dengan modal yang besar akan semakin banyak transaksi yang bisa dilakukan dan semakin banyak pula aktivitas bisnis yang dijalani. Selain modal perhatikan juga likuiditas dari perusahaan sekuritas tersebut.
  3. Komisi WajarKomisi atau fee didapatkan pialang dari setiap transaksi yang dilakukan investor (jual dan beli). Komisi yang terlalu tinggi bisa merugikan Anda sebagai investor/trader, sedangkan komisi yang terlalu rendah bisa jadi berakibat rendahnya kualitas layanan. Selain itu, pastikan berapa jumlah setoran awal minimal untuk membuka rekening.
  4. FasilitasPastikan Anda mendapatkan fasilitas sesuai harapan, seperti margin trading, transparansi trading, laporan berkala, memberikan analisa, dan (jika memungkinkan) rekomendasi portfolio lengkap dengan manajemen resikonya.
  5. Online TradingDi jaman modern ini, Anda dapat melakukan transaksi saham lewat Internet (online trading). Online trading membutukan infrastruktur yang baik, handal, dan cepat. Kriteria pialang online yang baik adalah dapat memproses permintaan trading dengan cepat. Jangan takut menanyakan kondisi infrastruktur pialang/sekuritas.

 

Demikian beberapa hal yang menurut kami bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sekuritas. NgaturDuit.com saat ini bermitra dengan dua (2) sekuritas, yaitu HD Capital Tbk dan Indosurya Securities. Silahkan menghubungi kami untuk mencoba demo account sebagai pertimbangan dalam memilih pialang/sekuritas.