Cara Kreatif Mengelola Gaji Kecil

iseng berhadiah-ngaturduit.com

Gaji kecil memang terkadang bisa mengecilkan hati. Namun demikian, bukan berarti Anda harus terpuruk dan merasa susah dengan jumlah pendapatan yang diterima. Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk mengatur keuangan tersebut agar tidak hanya bisa mencukupi berbagai kebutuhan, namun juga tetap membuat Anda merasa longgar dan tidak tercekik.

Evaluasi Keuangan

arizona_financial_planner

Salah satu cara mengatur gaji kecil agar bisa mencukupi berbagai kebutuhan adalah dengan melakukan evaluasi pengeluaran bulanan secara wajar. Artinya, jangan terlalu kejam memangkas berbagai pengeluaran pokok, sehingga menyusahkan diri sendiri.

Sebagai contoh, daripada Anda memaksakan diri mengambil KPR dengan cicilan yang memberatkan, ditambah lokasinya membuat biaya transportasi membengkak, lebih baik Anda mengontrak rumah kecil yang biayanya lebih murah.

Atau jika Anda masih single atau belum memiliki Anak, tidak ada salahnya menyewa kamar kost yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat kerja sehingga bisa meminimalisasi biaya listrik, air, perawatan rumah, dan tentunya biaya transpotasi.

Anda bisa memanfaatkan selisih dana yang ada untuk memenuhi kebutuhan lain. Atau jika memungkinkan, tabung atau investasikanlah dana tersebut untuk masa depan Anda.

Tetap bisa Berbelanja, Asal Sesuai Kebutuhan

when-i-go-through-the-aisles

Pendapatan pas-pasan bukan berarti Anda “haram” untuk pergi ke tempat perbelanjaan. Yang terpenting, tetaplah waras saat berbelanja. Buatlah daftar belanja secara detail dan prioritaskan pembelian berbagai kebutuhan pokok, seperti kebutuhan dasar dapur, perlengkapan mandi dan cuci, serta kebutuhan bulanan lainnya.

Tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan non primer seperti misalnya membeli pakaian atau oven toaster untuk di dapur. Namun sebaiknya hal tersebut dianggarkan per periode, misalnya dengan membuat budget per 3 bulan.

Anda bisa menentukan barang apa yang ingin Anda beli dalam 3 bulan tersebut, apakah baju, sepatu, atau perabotan baru. Selanjutnya, jadwal membeli barang baru adalah 3 bulan kemudian.

Jika ternyata setelah disisihkan Anda tidak menggunakannya untuk membeli apapun, Anda bisa menyimpannya sebagai tabungan, atau menggunakannya jika ada hal-hal yang tidak terduga.

Alokasi Hiburan Murah untuk menyeimbangkan Tekanan Kehidupan

star-entertainmanet-fun-gifs-2

Hiburan atau entertainment terdengar sangat jauh dari prioritas mereka yang bergaji kecil. Mengapa harus seperti itu? Setiap orang harus hidup secara seimbang. Tubuh dan pikiran juga membutuhkan penyegaran. Untuk itu jangan abaikan kebutuhan tersier tersebut walau gaji Anda pas-pasan.

Berusahalah untuk selalu sehat, baik secara fisik maupun mental. Liburan dan hiburan membantu tubuh menghindari stres sehingga daya tahan tubuh bisa semakin baik. Artinya, secara tidak angsung Anda mememinimalisasi kemungkinan keluarnya biaya kesehatan yang biasanya cukup besar.

Alternatif hiburan murah yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental, diantaranya adalah:

  • Joging di akhir pekan di lokasi car free day, atau di sekitar tempat tinggal. Anda tidak membutuhkan dana besar untuk aktivitas menyehatkan ini, mungkin hanya beberapa belas ribu rupiah untuk semangkuk bubur ayam dan air mineral.
  • Mengajak anak-anak wisata ke museum atau taman kota. Hiburan bernilai pendidikan ini tidak memakan biaya yang besar. Tiket masuk museum rata-rata berkisar antara dua ribu hingga lima belas ribu rupiah.
  • Berkebun, mencoba resep-resep baru, mengundang teman-teman ngopi-ngopi di rumah, nonton DVD, atau membeli lulur dan krim creambath lalu mengaplikasikannya sendiri di rumah adalah beberapa cara hemat yang bisa dilakukan untuk menghibur diri.

Manfaatkan Bonus, Lembur, dan Pendapatan Tambahan Lainnya

XWGQwfn

Manfaatkanlah pendapatan di luar gaji untuk menambah tabungan Anda. Simpanlah uang tersebut untuk berjaga-jaga jika suatu saat ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Anda juga bisa mulai mencoba berinvestasi dengan memilih produk investasi yang tidak membutuhkan biaya besar seperti reksa dana.

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya dana di luar gaji dengan memberikan alokasi sebagian untuk diberikan kepada orang tua atau pada orang yang membutuhkan.

Demikian tadi beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengelola gaji kecil agar bisa mencukupi berbagai kebutuhan. Pengaturan keuangan menjadi faktor penting untuk bisa sehat finansial bagi mereka yang bergaji kecil.

Selain itu juga harus tetap bersyukur dengan apa yang Anda dapatkan saat ini, dan berusahalah untuk selalu meningkatkan performa Anda agar ke depannya bisa mendapatkan peluang karier dengan penghasilan yang lebih baik.