Mahalnya Hewan Peliharaan: Worth It Gak Sih?

Anda tentu pernah mendengar pepatah bahwa Uang tidak bisa membawa kebahagiaan. Menurut saya itu lebay. Uang tentu bisa memberikan kebahagiaan, terutama jika digunakan dengan baik, seperti pengembangan diri dan mempererat hubungan kita dengan orang lain. Hewan peliharaan tentu memberi pemiliknya kebahagiaan sehingga banyak pemilik hewan rela mengeluarkan duit yang tidak sedikit untuk merawat peliharaannya.

Betul bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing membawa kebahagiaan, namun kebahagiaan tersebut tentu ada biayanya. Apakah Anda sudah siap untuk membayar harga yang dibutuhkan untuk kebahagiaan tersebut? Yuk kita hitung bersama-sama! Karena saya adalah pemilik hewan kucing, maka hitungan di bawah adalah untuk kucing. Kalau ada yang punya data anjing, tolong infokan ya, nanti ditambahkan :)

  1. Biaya kepemilikan. Biaya adopsi, terutama kucing ras, tidak lah murah. Dari Rp.1jt hingga belasan juta untuk yang memiliki sertifikat dan silsilah yang jelas. Namun sebelum mengadopsi, tentu kita harus mempersiapkan perlengkapan sehari-harinya. Tempat makan & minum (100rb), alat pembersih (100rb), tempat tidur (100rb-300rb), kandang (500rb – 2jt), kebiri (200rb).
  2. Makanan. Anda tentu ingin memberi peliharaan Anda makanan dan snack terbaik. Makanan akan menghabiskan 100rb – 500rb per bulan.
  3. Mainan. Mainan tidak hanya untuk bersenang-senang, namun untuk melatih kepandaian peliharaan Anda. Dari bola, tikus-tikusan, hingga pohon bermain, pengeluarannya bisa dari 200rb-2jt per tahun.
  4. Perawatan. Ini tergantung ras kucing Anda. Untuk ras tertentu seperti persia, Anda mungkin sesekali harus ke salon sebab jika bulunya menggumpal, bisa menimbulkan jamur dan penyakit kulit lainnya. Jika Anda mampu melakukannya sendiri, tentu akan lebih murah. Estimasi biaya 50rb – 200rb per bulan.
  5. Dokter & Obat. Checkup ke dokter hewan menghabiskan biaya 200rb-500rb dan sebaiknya dilakukan minimal 1 tahun sekali. Selain itu, selalu siap sedia beberapa jenis obat seperti obat jamur, obat kutu, obat cacing, dan juga vitamin untuk jaga-jaga jika kesehatan peliharaan kurang baik. Mereka makhluk hidup, bisa sakit seperti kita juga lho!
  6. Penitipan. Anda mungkin mencintai hewan peliharaan setengah mati, namun ada kalanya kita juga butuh liburan keluar kota. Pada saat itulah jasa penitipan hewan bisa membantu. Di Jakarta, penitipan hewan biayanya sekitar 50rb per hari. Tip: jika Anda menjaga hubungan baik dengan breeder tempat Anda mengadopsi, beberapa dari mereka bersedia dititipkan tanpa biaya lho!

Apakah ada pengeluaran lain yang saya lewatkan?

Anyway… Dari penjelasan di atas sudah terbayang kan berapa biaya memiliki dan merawat hewan peliharaan? Jangan mengadopsi jika Anda tidak dapat memberikan kehidupan yang baik bagi hewan peliharaan karena jika hewan peliharaan Anda bahagia, maka Anda pun menjadi bahagia. Dan kebahagiaan tidak bisa diukur dengan uang!