Bersekolah di Negeri Orang

 

Semua orang tua pasti sudah mulai mempertimbangkan dan mempersiapkan kebutuhan pendidikan anak mereka, bahkan sejak mereka masih berada di dalam kandungan. Ada yang ingin anaknya bersekolah di dalam negeri saja karena mungkin takut kangen dengan anak. Ada yang ingin anaknya bersekolah di luar negeri, dengan alasan kualitas pendidikan yang relatif lebih baik dan juga agar mereka menjadi lebih mandiri. Di manapun mereka akan bersekolah, yang terpenting adalah biaya pendidikannya. Karena percuma saja jika anda ingin anak bersekolah di luar negeri, tapi anda diam saja, tidak melakukan persiapan untuk biaya pendidikan mereka.

 

Ada orang tua yang sibuk melakukan riset sendiri, mencari semua data terkait sekolah di luar negeri. Mulai dari yang terkait kurikulum pendidikan hingga ke biaya yang perlu disediakan. Dari semua data terkait biaya pendidikan yang sudah diperoleh, ada yang kemudian menghitung sendiri dana pendidikan yang harus dipersiapkan. Ada pula yang menggunakan jasa perencana keuangan untuk melakukan perhitungan. Namun, andai anda termasuk salah satu orang tua yang ingin menghitung sendiri kebutuhan dana pendidikan di luar negeri, apa sajakah yang harus diperhatikan?

 

Bagian pertama adalah biaya yang terkait langsung dengan kegiatan belajar-mengajar. Jika kuliah di Indonesia, biasanya serupa dengan biaya-biaya, seperti uang pangkal hingga uang kuliah per semester. Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui berbagai komponen biaya secara detail, karena ada beberapa negara yang memiliki termin biaya pendidikan yang berbeda dan dengan istilah biaya yang berbeda pula. Anda bisa tanyakan detail ini ke sekolahnya langsung melalui email atau melalui perwakilan yang ada di Indonesia. Mereka biasanya tergabung dalam sebuah kantor agensi.

 

Bagian kedua adalah biaya yang tidak terkait langsung dengan kegiatan belajar-mengajar, seperti biaya hidup. Untuk ini, biasanya akan tergantung dengan pilihan atau preferensi masing-masing anak. Ada yang ingin tinggal di dormitory atau ingin tinggal dengan menyewa rumah bersama dengan teman-teman lainnya. Untuk aspek lain biaya hidup, anda bisa cari via Google atau tanyakan ke agensi. Aspek biaya hidup juga termasuk untuk kebutuhan komunikasi, transportasi, dan lainnya.

 

Bagian terakhir, pada saat anda menghitung kebutuhan dananya, jangan lupa pertimbangkan juga inflasi biaya pendidikan di negara tujuan. Selain itu, pertimbangkan juga perubahan nilai tukarnya, sehingga angka yang anda peroleh adalah angka yang akurat, setidaknya sudah mendekati kenyataannya.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

ralph lauren uk,ralph lauren italia,christian louboutin sale,louis vuitton uk,ralph lauren pas cher

Tags: