Berita Sensasional di Media Bisa Menggagalkan Rencana Pensiun

Silahkan buka bagian Keuangan di situs berita manapun dan Anda akan melihat berbagai berita pasar modal yang bertolak belakang. Jika pasar turun 1-2% sudah ibarat kiamat, dan jika naik 1-2% seperti sudah kaya raya. Apalagi jika pasar sedang dalam tren koreksi atau bullish, waduh.. Analis sudah seperti saling teriak akan turun atau naik puluhan persen. Banyak istilah-istilah keren muncul seperti Hajar Kiri, Hajar Kanan, Breakout, Buy on Reversal dst dst..

 

Anda perlu paham bahwa tujuan keuangan pensiun merupakan jangka panjang, 10, 20 tahun lagi (kalau saya masih muda, jadi 30 tahun lagi hehe). Oleh karena itu, jangan pusing melihat harga naik turun saat ini. Visi kita tetap harus jangka panjang. Sebagai makhluk yang memiliki emosi, berita-berita sensasional akan membuat Anda menjadi sangat bahagia saat pasar naik dan depresi bahkan takut jika pasar turun. Akibatnya Anda akan beli saat mahal dan/atau jual saat harga murah, yaitu justru KEBALIKAN dari apa yang harus dilakukan!

 

ihsg 2008 - 2012

Pada 2008 pasar modal kita jatuh dari puncaknya, IHSG 2800-an, menjadi 1100 di titik terendah. Kejatuhan harga diakibatkan oleh penarikan dana Reksadana besar-besaran (redemption) saat IHSG turun ke 1600. Bayangkan, 6 tahun kemudian, pada hari ini, IHSG ada pada angka 4800. Paling kasihan adalah yang beli saat IHSG 2800, lalu jual di 1600 (rugi 42%), lalu hingga sekarang takut berinvestasi kembali. Padahal jika saat itu investor bertahan, sekarang sudah untung 71%. Investor yang berinvestasi dengan benar, justru masuk di saat pasar jatuh dan sekarang sudah untung berlipat-lipat!

 

Lalu bagaimana caranya berinvestasi paling mudah? Tentukan tujuan, sisihkan dananya setiap bulan DI DEPAN (bukan sisa pengeluaran), investasikan pada instrumen yang legal dan jelas regulasinya. Untuk langkah step-by-step nya, silahkan baca: http://blog.ngaturduit.com/sukses-finansial/

 

Jika Anda ingin mengoptimalkan investasi dengan mempelajari bagaimana memilih produk terbaik, hadiri Seminar & Kelas NgaturDuit. Anda bisa mulai dengan seminar gratis, lalu ikut kelas intensif jika merasa siap. Sering-sering intip: http://blog.ngaturduit.com/kelas-investasi/ untuk lihat kapan kami hadir di kota Anda.

 

Dengan rencana investasi yang jelas, mudah-mudahan semua Rencana Keuangan Anda tercapai.