Berita Emas: Pergerakan Emas Datar

Emas diperdagangkan di bawah level tertinggi dalam dua bulan seiring investor mempertimbangkan outlook untuk biaya pinjaman AS yang masih rendah dan ketegangan di Irak terhadap tanda-tanda melemahnya permintaan fisik.

Emas ditutup menguat selama tiga minggu beruntun setelah pada pekan lalu Federal Reserve mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga yang hampir nol untuk waktu yang akan dipertimbangkan kembali. Seperti yang diketahui, logam mulia telah mengakhiri reli selama 12 tahun pada tahun 2013 atas ekspektasi bahwa the Fed akan mengurangi stimulus moneternya seiring penguatan ekonomi AS.

 

Emas berada di jalur penguatan kuartal back-to-back pertama sejak tahun 2011 seiring meningkatnya eskalasi di Irak dan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang telah meningkatkan permintaan terhadap emas. Para milisi di Irak menduduki lebih banyak wilayah pada akhir pekan lalu dan Presiden AS Barack Obama memperingatkan bahwa krisis mungkin akan melebar ke negara lainnya. Masih ada “sedikit ketertarikan pada emas fisik,” kata analis di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. dalam laporannya pada hari ini.

 

Emas menguat “atas kembali meningkatnya ketegangan di irak, serta penyataan yang dovish dari ketua Fed Janet Yellen” dan aksi beli yang terkait dengan sisi teknikal, ujar Abhishek Chinchalkar, analis AnandRathi Commodities Ltd., di Mumbai pada hari ini. Permintaan dari China “tidak mungkin akan meningkat dengan segera. Kami perkirakan emas akan menghadapai rintangan yang hebat dalam mempertahankan kenaikannya baru-baru ini.”

 

Emas pada saat ini bergerak di kisaran $1.313/onz pada pukul 16.38 WIB. Emas mencapai level $1.322 pada tanggal 20 Juni, itu merupakan level tertinggi sejak 15 April.

 

Fachmi Jaidi
Trader, Practitioners, Educator and Investment Advisor
Twitter: @fachmijaidi
Klik di sini untuk belajar trading menggunakan demo account.

cheap ralph lauren polo,polo ralph lauren italia online,cheap christian louboutin sale,ralph lauren polo soldes,louis vuitton outlet uk