Berhadapan dengan Kabar Duka

Di akhir minggu lalu, saya mendengar sebuah kabar duka yaitu salah satu teman dari ayah saya harus berpulang akibat serangan sakit stroke. Di samping turut merasa sedih kepada ayah, saya tetap berusaha mencari hikmah dari peristiwa ini. Hal ini penting karena terkadang, dan masih banyak orang, yang tidak menyadari betapa besarnya kebutuhan dana untuk peristiwa atau musibah seperti ini. Memang peristiwa seperti ini selalu datang tiba-tiba tanpa kita ketahui, tapi setidaknya kita bisa selangkah lebih siap untuk menghadapinya.

Beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan pertama kali yaitu mempersiapkan proses pemakaman. Untuk proses pemakamannya saja, membutuhkan persiapan dana yang tidak sedikit. Misalnya, apabila ternyata yang bersangkutan meninggal di rumah sakit, tentu kita harus menyelesaikan segala bentuk pembayaran dan administrasinya hingga serah terima jenazah di rumah duka. Belum selesai, kita juga harus segera menghubungi petugas pemakaman untuk mencari lubang. Semua biayanya biasanya sudah termasuk dengan ongkos untuk membayar petugas galinya.

Yang harus dipersiapkan kemudian adalah mempersiapkan kebutuhan selama berada di rumah duka. Misalnya, jika untuk umat muslim, maka harus diperhitungkan proses untuk memandikan hingga melakukan solat jenazah. Untuk mengantisipasi jumlah pelayat yang banyak, kita perlu mempertimbangkan berbagai hal pendukung lainnya, seperti menyewa tenda dan sejumlah bangku tambahan, yang biasanya mereka meminta untuk dibayar di depan. Belum lagi, kita juga perlu mempersiapkan makanan untuk pihak keluarga besar yang akan menunggu di rumah duka serta minuman untuk para pelayat yang datang.

Beberapa hal tersebut adalah yang paling umum yang perlu kita siapkan kebutuhan dananya. Walaupun masih ada yang sifatnya tambahan, seperti menggunakan jasa pengawal vorijder dari rumah duka hingga ke pemakaman. Yang jelas adalah selalu siapkan dana darurat sesuai kebutuhan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan kita hadapi di masa depan, sehingga hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan sejak jauh hari

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com