Tips Berbelanja Agar Kesehatan Keuangan Tetap Terjaga

liburan sehat - ngaturduit

Berbelanja memang tidak bisa dihindari. Kebutuhkan sehari-hari atau pokok selalu harus dipenui. Meski demikian ada pula proses belanja yang tetap dibutuhkan namun bukan kebutuhan pokok. Keduanya tetap dibutuhkan, namun yang terpenting adalah pengelolaan atau pengaturan.

Mengatur momen berbelanja menjadi penting untuk menjaga kesehatan keuangan. Memilah kapan waktu yang tepat merupakan salah satu tips untuk mendapatkan barang yang terbaik, waktu yang pas serta kondisi keuangan yang tidak jebol.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa memberikan inspirasi untuk menentukan momen yang pas untuk berbelanja serta kualitas dan variasi produk yang bisa didapatkan.

Berbelanjalah di Kamis sore atau Jumat pagi

Shopping-ngaturduit
Sebaiknya Anda menghindari berbelanja offline di Akhir pekan. Selain jumlah pengunjung yang lebih banyak dan menyebabkan antrian panjang di kasir, berbelanja di waktu yang ramai bisa membuat Anda kehabisan barang-barang berkualitas baik.

Berbelanja di waktu yang ramai juga bisa membuat Anda tidak berpikir panjang memilih barang akibat takut kehilangan barang incaran. Sehingga proses belanja menjadi kurang cerdas karena waktu memilih terasa singkat.

Kamis sore atau jumat pagi adalah waktu terbaik untuk berbelanja, karena kebanyakan pusat perbelanjaan akan melakukan re-stock untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pembeli di hari sabtu dan minggu.

Belanja pagi hari di pasar segar atau pasar tradisional

market
Untuk mendapatkan kualitas bahan makanan yang segar, berbelanjalah pagi hari di pasar segar atau pasar tradisional. Asupan barang ke pasar-pasar tradisional biasanya dilakukan setiap dini hari, sehingga jika Anda berbelanja di pagi hari, kondisi barang masih prima dan belum layu termakan waktu dan terpapar sinar matahari.

Belanja saat program diskon

diskon
Barang berkualitas dan sedang diskon, adalah kombinasi yang pas bagi Anda untuk membeli barang. Berbelanja saat momen diskon seperti program liburan, bulan puasa atau menjelang hari besar bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan diskon tengah malah yang biasa waktu mepet, program diskon di masa seperti ini jangka waktunya lebih lama.

Dengan membeli barang diskon Anda jadi bisa berhemat atau bahkan bisa mendapatkan dua barang berkualitas dengan satu harga. Satu hal yang pasti Anda harus jeli untuk mendeteksi harga barang tersebut, jangan sampai Anda membeli barang diskon yang harganya tidak ‘normal’. Sudah di-markup terlebih dahulu baru didiskon.

Buat daftar belanja

belanja
Jika waktu berbelanja sudah ditentukan, jangan lupa untuk membuat daftar belanja sebagai panduan. Daftar belanja ini tidak hanya akan membantu Anda untuk membeli barang secara cepat karena tidak ada lagi kelupaan produk apa yang ingin dibeli tetapi bisa berguna pula untuk menajaga agar Anda bisa tetap hemat.

Daftar belanja membantu kesehatan keuangan karena Anda akan terhindar dari pembelian impulsif yang membuat Anda membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Demikan tips sederhana untuk menentukan waktu yang tepat untuk berbelanja sehingga Anda bisa menghemat dan menjaga kesehatan keuangan Anda. Berbelanja pun harus tetap cerdas. Selamat mencoba.