Beberapa Pilihan Pengaturan Keuangan untuk Persiapan Pendidikan Anak

perencanaan untuk anak - ngaturduit.com

Pendidikan merupakan aset penting yang harus diberikan kepada sang buah hati. Dengan pendidikan yang memadai, anak bisa berkembang dengan baik. Bahkan, pendidikan yang tinggi bisa menunjang karir sang anak.

Untuk memastikan masa depan pendidikan anak yang cerah, orangtua harus mempersiapkan berbagai hal. Salah satu yang paling vital adalah dari sisi finansial. Salah satu alasannya adalah biaya pendidikan yang terus meningkat. Untuk itu, sebagai orangtua menjadi mutlak untuk bisa mengatur keuangan atau mulai menabung sejak anak masih dini. Jadi, saat anak sudah mulai memasuki masa sekolah, dana tabungan tersebut sudah terkumpul dan bisa untuk membiayai pendidikan anak tanpa harus bingung mencari dana lagi.

Meski demikian, menabung bukan perkara yang mudah. Dengan banyaknya kebutuhan rumah tangga, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan keluarga. Nah untuk menambah inspirasi dalam merencanakan tabungan untuk pendidikan anak, berikut ini beberapa cara pengaturan keuangan untuk persiapan pendidikan anak.

Tabungan Konvensional

money
Jenis tabungan ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Tabungan jenis ini memang lebih mudah dan tidak terlalu ribet. Produk tabungan yang dihadirkan oleh bank juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa bank juga ada yang memberikan fasilitas tabungan dengan nama anak Anda.

Keuntungan lain dari tabungan konvensional adalah masalah keamanan dan bisa Anda tarik kapan pun saat dibutuhkan. Meski demikian, biaya administrasi di bank juga cukup besar jika diakumulasikan dan bunganya tidak terlalu besar.
Anda bisa melakukan survei untuk memilih bank dengan biaya administrasi kecil, terutama untuk simpanan dalam jangka waktu lama. Anda juga bisa menghilangkan beberapa fasilitas seperti kartu ATM atau laporan via SMS agar tidak ada biaya tambahan lain.

Tabungan Pendidikan

high-school-musical-2-schools-out
Tabungan yang satu ini sebenarnya mirip denga tabungan konvensional, namun biasanya bank memberikan beberapa tambahan fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan.

Tingkat keamanan dan bunganya pun mirip dengan tabungan konnvensional. Tambahan fasilitas juga biasanya tergantung dari bank yang menjalankan program ini. Tidak semua bank menyediakan fasilitas ini memang atau bisa juga program dijalankan secara periodik atau masa tertentu.

Contoh tabungan pendidikan adalah yang memiliki fasilitas asuransi jiwa, sehingga dana pendidikan akan tetap terkumpul meskipun Anda sudah tiada. Persyaratan untuk produk ini biasanya mudah dan cara kerjanya juga cukup sederhana.

Jika Anda ingin menabung sebesar Rp 500 ribu setiap bulan, maka bank akan otomatis memotong saldo rekening pribadi Anda untuk dipindahkan ke rekening tabungan pendidikan. Jika Anda meninggal sebelum tabungan pendidikan selesai, maka bank akan memakai asuransi jiwa untuk meneruskan cicilan tabungan.

Asuransi Pendidikan

newschool
Asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan. Beberapa perbedaan itu diantaranya adalah, asuransi dikeluarkan oleh perusahaan Asuransi dan tabungan pendidikan dikeluarkan oleh bank, asuransi hanya bisa diklaim setelah jatuh tempo dan tabungan bisa diambil kapan saja, prosesnya asuransi pendidikan lebih rumit dibandingkan tabungan pendidikan walaupun keuntungannya lebih besar.

Meski berpeluang untuk mendapatkan keuntungan besar, resiko dari asuransi pendidikan juga cukup besar. Nilai investasinya akan bergantung dari instrumen yang dipilih dalam paket asuransi pendidikan, dan instrumen ini akan tergantung dari pergerakan harga saham atau pasar uang.

Karena dana pendidikan itu penting, jadi memang Anda harus lebih jeli memilih perusahaan yang menawarkan produk asuransi pendidikan. Selain itu pelajari juga cara kerja asuransi pendidikan ini secara detail sehingga Anda benar paham dan tidak merasa dirugikan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Perhatikan pula proteksi yang ditawarkan jangan hanya imbal hasil investasi.

Investasi Reksadana

Education
Selain yang bentuknya tabungan Anda juga bisa memilih beberapa instrumen investasi sebagai cara untuk menyimpan dan mengumpulkan dana persiapan pendidikan. Salah satu jenis investasi yang bisa dipilih adalah Reksadana.
Investasi ini bisa Anda mulai dengan modal kecil dengan keuntungan yang cukup lumayan. Salah satu produk yang bisa Anda gunakan untuk dana pendidikan anak adalah reksadana konvensional yang tipe campuran. Karakter produk ini adalah menginvestasikan ke beberapa investasi, seperti saham, deposito, atau obligasi. Dengan tempo waktu investasi 3 sampai 5 tahun, maka keuntungannya bisa Anda gunakan untuk dana pendidikan anak.

Perlu dicatat, produk reksadana memiliki tingkat resiko tertentu, jadi Anda perlu untuk mempelajarinya. Selain itu Anda juga harus memilih perusahaan penyedia reksadana yang memiliki reputasi baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Investasi Emas

Commercial Investment
Emas memang sejak dulu dapat diandalkan untuk keadaan darurat keuangan. Cara yang bisa Anda pilih adalah menyimpan emas dengan kadar 99% dalam bentuk batangan. Untuk lebih lengkap, info tentang icara investasi emas bisa Anda baca di sini.

Meski keuntungannya cukup kecil, deposito tetap bisa menjadi pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan. Karakter deposito yang tidak bisa diambil sesuka hati menjadi cocok untuk simpanan jangka waktu panjang. Bunga yang didapat juga bisa menambah tabungan.
Satu hal yang bisa Anda perhatikan adalah memilih jangka waktu yang sesuai saat anak mulai membutuhkannya.

Menabung untuk pendidikan anak saat ini sangat wajib dan harus diterapkan sejak dini. Demi masa depan anak yang cerah, jangan sampai pendidikannya terhenti karena masalah biaya. Beberapa tips di atas bisa menjadi pilihan dalam usaha untuk menyiapkan dana pendidikan. Semoga bermanfaat.