Bagaimana Mengatur Penghasilan Agar Tidak Habis di Tengah Bulan

Mengatur Penghasilan

“Sudah akhir bulan, nih.”

Biasanya kalimat seperti ini menjadi keluhan yang diucapkan ketika tiba-tiba harus mengeluarkan uang cukup banyak di penghujung bulan. Maklum, memasuki minggu ketiga setelah gajian, biasanya simpanan uang bulanan kita mulai menipis.

Nah, agar tidak perlu mengeluarkan kata-kata ini lagi, berikut cara mengatur keuangan agar dompet kita “bertahan” sampai akhir bulan.

1. Susun anggaran bulanan
Mulai sekarang, biasakan menyusun anggaran bulanan. Rencanakan apa saja pengeluaran kita dan berapa jumlahnya. Tentukan pula berapa yang akan kita tabung, dan yang terpenting, sisakan uang cadangan untuk kondisi darurat. Akan lebih baik jika Anda pun bisa memiliki pos untuk berinvestasi.

2. Siapkan beberapa rekening
Punya rekening bank lebih dari satu, itu wajib hukumnya. Karena, kita harus mengatur dan menyimpan uang kita sesuai posnya. Kalau semuanya kita satukan dalam satu rekening, dijamin uang kita akan ludes tak bersisa tanpa bisa menabung atau punya uang cadangan.

3. Belanja bulanan
Dengan belanja bulanan, artinya kita sudah mengatur pengeluaran kita selama sebulan ke depan. Dengan begitu kita jadi bisa mengatur untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan di tengah bulan dan menguras uang – yang seharusnya – jadi uang cadangan atau bisa digunakan untuk investasi.

4. Kurangi jajanan mahal
Kalau budget kita untuk jajan sehari-hari sudah ditarget, jangan keluarkan biaya jajan lebih dari itu. Kecuali, ada hal-hal mendadak, misalnya harus menjamu sodara atau kenalan jauh, kita bisa menggunakan dana cadangan.

5. Atur jadwal dan cerdas memilih tempat hangout
Mengatur pengeluaran bukan berarti membuat kita jadi pelit. Kalau ada teman yang mengajak kita hangout, jangan buru-buru ditolak dengan alasan di luar budget. Sebaliknya, ajukan tempat hangout yang sesuai dompet kita. Toh, dengan begini Anda juga membantunya menentukan tujuan hangout bersama teman.

6. Jual barang lama
Bukan bermaksud mempromosikan e-commerce, ya, tapi menjual barang lama kita yang sudah tak terpakai bisa jadi solusi menambah dana cadangan kita.

7. Pilih paket data internet yang pas
Jangan salah, walau kelihatannya remeh, pengeluaran untuk paket data atau pulsa internet di smartphone kita bisa membengkak kalau tak diatur. Di awal bulan, carilah paket internet dengan harga dan fitur paling pas untuk kita.

8. Laporan harian
Anda harus rajin membuat rincian pengeluaran. Cara ini bisa menjadi cara yang efisien dalam mengatur pengeluaran kita agar bisa selamat hingga akhir bulan. Anda bisa menggunakan aplikasi di NgaturDuit.com untuk melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran.