Bagaimana memiliki uang 1 miliar dengan cara masuk akal?

Hingga hari ini uang 1 miliar rupiah memiliki sebuah nilai yang cukup besar. Setidaknya masih mampu membeli rumah dan kendaraan, dan bagi sebagian orang nilai tersebut bisa mencukupi kebutuhan hidup. Namun angka tersebut nampaknya terlalu fantastis dan bisa mendapatkan uang sebesar itu menjadi nampak berat. Andaikan hari ini kita memiliki penghasilan 10 juta perbulan maka setidaknya perlu 8 tahun mengumpulkannya.

Dengan catatan kita tidak membelanjakannya sama sekali. yayaya… Saya tahu bagi anda berkata bahwa uang 1 miliar itu di tahun ke 8 mulai dari hari ini angkanya akan terasa kecil akibat inflasi. Namun saya coba tanya yang lebih sederhana, Anda pilih punya uang di tahun ke 8 dari sekarang atau pilih tidak punya uang?

Ya jawabannya adalah punya uang!

Mari kita kesampingkan pikiran nilai uang itu akan turun dan bagaimana langkah kongkritnya agar di masa depan kita setidaknya mampu mencapai 1 miliar dengan penghasilan kita yang perlu digunakan untuk hal lain. Mustahil? Tidak ada mustahil bila kita mengetahui caranya.

Bagi anda yang tidak mengenal reksadana, saya dapat katakan pada Anda, kalkulasi saya terhadap 10 tahun ke belakang dari tahun 2014, reksa dana saham dan sahamnya sendiri di Indonesia memiliki rata-rata return keuntungan berkisar 18% dalam setahun.

 

Dan mari kita berhitung strategi apa agar kita bisa memiliki uang 1M

Yang pertama. Dengan 3jt sebulan maka dalam waktu 10 tahun Anda akan mendapatkan 1 Miliar, Yang Kedua dengan 1.35jt setiap bulan dan ditahun berikutnya ditambahkan 600rb investasi Anda selama 10 tahun anda memiliki 1 M. Dari contoh tersebut jelaslah bahwa Anda sebenarnya tdk perlu menyediakan 10 jt untuk 1M namun hanya menyisihkan 15-30% pendapatan Anda.

Apakah Anda memilih mulai tahun depan atau Anda memulainya saat ini juga?

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom

  • Teminto

    Mas Ryan, bagaimana cara yg cepat untuk menyiapkan dana darurat antisipasi jika sakit kritis senilai 1milyar?

  • Steven Khauw Chen Fei

    bpk Fridona saya ada bisnis yang serupa dengan reksadana tapi memiliki keuntungan yang lebih besar tapi tentu saja ada resiko nya, saya bekerja di perusahaan pialang yang berada di gedung indofood lt.9 Jl.Jend Sudirman Jakarta Selatan .
    nama perusahaan kami adalah PT.Premier keunggulan kami adalah kami sangat transparant terhadap nasabah kami, tidak terikat kontrak atau dgn kata lain keuntungan + dana nya bisa ditarik kapan saja .
    bila bpk berminat bisa hubungi saya di 0857-7516-5652 terima kasih .

  • fridona

    Mas Ryan, ada saran gak? saya berencana memulai investasi di Reksadana dengan alokasi 500.000/bulan. produk mana yg recomended untuk jangka waktu 5 thn.