Ayo, Kita Buat Goal Sekarang!

[ File # csp14921266, License # 2977341 ] Licensed through http://www.canstockphoto.com in accordance with the End User License Agreement (http://www.canstockphoto.com/legal.php) (c) Can Stock Photo Inc. / Orla

Mungkin ada yang bertanya, kenapa buat goal nya sekarang? Apa tidak terlambat? Kan, sekarang sudah tengah tahun, bukannya buat goal harusnya akhir tahun atau awal tahun? Jawabnya, itu tidak salah, sebenarnya, kapan pun Anda buat sesuatu yang baik dan berguna apa lagi untuk masa depan Anda, tidak ada salahnya dimulai kapan pun.

Bagi yang sudah punya goal, diharapkan dengan baca artikel ini, jadi acuan untuk melihat sudah sejauh mana goal tersebut dicapai, dan bagi yang belum, ayo Anda buat sekarang. Setidak nya ada dua alasan kenapa Anda belum terlambat buat goal sekarang, walau sudah masuk bulan ke-9 dari 2015.

Alasan pertama, karena masih ada kira-kira 5 bulan termasuk bulan Agustus ini sebelum kita masuk akhir tahun, jadi Anda masih bisa buat goal jangka pendek, sekaligus mempersiapkan goal jangka menengah dan jangka panjang.

Alasan kedua, karena seperti yang Anda tahu, akhir tahun, jika tidak ada halangan, negeri kita akan masuk ke era MEA/AEC (Masyarakat Ekonomi ASEAN/ASEAN  Economic Community), ini artinya akan masuk tenaga-tenaga asing dari seAndar ASEAN, apalagi sekarang ada ASEAN + 3, yaitu termasuk negara-negara tetangga seperti Jepang, Korsel, & China. Ini akan menjadi pertanyaan pada Anda, apakah secara kinerja, kemampuan, dll Anda sudah siap bersaing dengan mereka? Apakah, produk-produk Anda siap bersaing dengan produk-produk mereka.

Itulah sebabnya, tidak ada salahnya Anda persiapkan dari sekarang. Jika Anda seorang karyawan, apakah Anda terus meningkatkan kinerja Anda? Skill Anda? Kalau Anda seorang pengusaha, apakah Anda sudah persiapkan tenaga kerja Anda semakin terampil? Apakah Anda memperbaiki kualitas produk Anda?

Apapun latar belakang Anda, berapa pun usia Anda? Tidak ada salahnya Anda kuasai setidak-tidaknya satu  bahasa asing, kalau bisa lebih akan lebih berguna. Ingat, akan banyak ahli-ahli keuangan asing yang akan masuk, apakah Anda sudah semakin melek keuangan? Melek investasi? Melek perencanaan keuangan?

Karena artikel Anda lebih ke pembahasan tentang perencanaan keuangan, maka kami senang berbagi sedikit tips sehubungan menetapkan goal untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Pertama, setelah Anda buat budget untuk biaya sehari-hari,  Anda bisa mulai melirik saham, untuk investasi jangka pendek Anda, untuk 6-12 bulan ke depan, reksadana, untuk 2 tahun ke depan, dan obligasi untuk lebih dari 2 tahun dari sekarang. Bagaimana, kalau Anda belum punya dana untuk itu semua? Tidak masalah, melirik itu bukan berarti harus investasi sekarang, paling tidak Anda mulai mempelajari semua produk itu, hingga Anda siap dananya. Dan bagi yang sudah siap dana, sudah mulai bisa tanya-tanya ke MI terdekat, mengingat sekarang, IHSG sedang turun, emas sedang turun, ini artinya, peluang bagi investor untuk masuk pasar. Jangan sampai keduluan dengan asing.

Kedua, setelah Anda melirik produk-produk investasi, mengapa tidak Anda mulai melirik peluang-peluang usaha. Sekarang semakin banyak peluang usaha berupa franchise, dari yang mulai jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta. Tapi, ingat, mengingat hukum franchise di Indonesia belum sebaik hukum franchise di negara maju, maka Anda harus benar-benar mempelajari cara kerjasamanya, produk yang dijual juga harus Anda sukai atau Anda kenal baik, misal Anda tertarik dengan franchise ice-cream, tapi Anda sendiri tidak suka makan ice-cream, ini akan mempengaruhi kinerja usaha Anda.

Maka, supaya jangan ketinggalan kereta, ayo Anda mulai tetapkan goal Anda sekarang juga. Review apa yang sudah dan belum Anda lakukan? Periksa kondisi keuangan Anda secara rutin, lalu bertindak.

Bagi mereka yang sudah punya goal, bisa sharing ke kami…