Asuransi Kesehatan

Banyak orang bertanya, seberapa perlu kah asuransi kesehatan. Jawabannya sangat perlu. Selama ini kita merasa sehat sehat saja, apalagi bagi orang yang suka berolahraga dan jarang sakit, maka membeli asuransi kesehatan seperti membuang uang. Padahal yang namanya sakit kita tidak pernah tahu kapan datangnya dan seberapa berat penyakit yang akan kita derita. Tambahan lagi, asuransi tidak bisa dibeli saat kita sakit, dia hanya bisa dibeli sebelum kita menderita penyakit.

Membeli asuransi kesehatan adalah memberi proteksi bagi keuangan kita. Asuransi kesehatan akan menjaga agar uang kita tidak habis saat kita sakit. Seperti kita tahu, biaya ke dokter, obat apalagi biaya rumah sakit semakin mahal saja. Apabila kita tidak memiliki asuransi kesehatan, maka kita akan mengalami 2 hal buruk ketika sakit. Yang pertama, tentu sakit itu sendiri sudah tidak menyenangkan, yang ke 2 adalah beban biaya yang harus kita bayar. Kata orang bilang, sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Coba bandingkan premi asuransi kesehatan yang harus kita bayar dengan biaya rumah sakit. Relatif sangat kecil sebenarnya. Tapi, karena kita tidak merasakan keadaan yang mendesak untuk memilikinya, maka premi asuransi itu  menjadi kelihatan mahal dan tidak memiliki manfaat bagi kita. Sekali lagi, karena asuransi kesehatan tidak bisa dibeli saat kita sudah terkena penyakit, maka saat kita sehatlah menjadi waktu yang terbaik untuk membeli asuransi kesehatan. Kalau kita sudah sakit baru akan membeli asuransi kesehatan, maka tidak ada perusahaan asuransi yang mau  menerimanya.

Penting untuk diperhatikan, bahwa bukan hanya diri kita saja yang perlu  memiliki asuransi kesehatan, tapi asuransi kesehatan harus dimiliki untuk seluruh keluarga. Pilihlah jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan keuangan kita saat ini sehingga tidak memberatkan saat pembayarannya.

Menjaga kesehatan dengan berolahraga itu penting, tapi membeli asuransi kesehatan juga hal yang penting. Ber olahraga akan menjaga diri kita dari terkena penyakit. Asuransi kesehatan akan menjaga kita dari kerugian finansial saat kita sakit.

 

Do and dont’s saat memilih asuransi kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan adalah langkah finansial yang sangat dianjurkan untuk dimiliki bagi setiap orang. Akan tetapi, dengan banyaknya penawaran , banyak orang jadi bingung mana yang harus mereka pilih agar asuransi kesehatan jadi benar benar bermanfaat.

Inilah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat membeli asuransi kesehatan

  1.  Asuransi kesehatan memiliki 2 jenis pembayaran, yaitu secara reimburse atau dengan menggunakan kartu. Sistem reimburse biasanya memerlukan proses, sehingga kita harus membayarkan dulu biaya dokter atau rumah sakit, baru bisa kita tagih ke pihak asuransi. Sementara sistem kartu memudahkan proses saat kita dirumah sakit, karena tidak ada pembayaran yang kita lakukan, semuanya akan diurus oleh pihak asuransi. Tentu saja, sistem reimburse biasanya lebih murah premi nya dibandingkan dengan menggunakan kartu.
  2.  Beberapa asuransi kesehatan memiliki rumah sakit langganan yang masuk dalam list nya. Coba cek list rumah sakit dari asuransi tersebut, apakah ada nama rumah sakit yang dekat dengan rumah kita, atau yang biasa kita kunjungi. Kalau tidak ada, maka kita harus mau datang ke rumah sakit yang ada dalam list mereka. Tentu saja hal ini kita lakukan untuk mempermudah proses pembayarannya.
  3. Jenis biaya yang diganti. Ada 3 jenis penggantian, yang pertama adalah biaya rawat jalan, yaitu biaya kita pergi ke dokter dan obat tanpa dirawat dirumah sakit. Yang kedua adalah biaya rawat inap, memberikan penggantian biaya apabila kita harus dirawat dirumah sakit mulai dari biaya dokter, obat, operasi dll. Dan Yang ketiga adalah biaya harian rawat inap, memberikan penggantian biaya dengan menghitung secara harian jumlah hari kita dirawat dirumah sakit. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Biaya penggantian rawat inap adalah yang paling umum dan banyak dimiliki, karena memang jenis biaya inilah yang paling dibutuhkan.
  4. Jangan membeli asuransi kesehatan kalau sudah ditanggung dengan pertanggungan yang cukup baik dari kantor. Kenapa ? karena artinya kita membayar dobel. Sayang sekali uang yang kita bayarkan untuk membeli asuransi kesehatan, padahal sudah cukup ditanggung dari fasilitas kantor. Begitu pula, tidak perlu kita memiliki 2 asuransi kesehatan. Lebih baik pilihlah 1 asuransi kesehatan tapi yang bisa meng cover secara penuh kebutuhan kita.
  5. Belilah asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga. Jangan memilih asuransi kesehatan yang mahal hanya untuk beberapa orang saja dalam keluarga. Lebih baik memilih fasilitas yang sesuai kebutuhan tapi cukup untuk seluruh keluarga.
  6. Tidak perlu membeli asuransi kesehatan hanya untuk mendapatkan uang penggantian saat kita sakit. Karena secara wajar, kita tidak berharap sakit bukan ?

Membeli asuransi kesehatan adalah membeli proteksi. Belilah proteksi asuransi kesehatan yang cukup membantu kita melindungi keuangan kita saat sakit. Proteksi yang berlebihan hanya akan memberatkan saja, tapi manfaatnya tidak maksimal.

 

Tejasari CFP®

http://bit.ly/1EXNwMY http://bit.ly/1qUlklP