Asuransi Kendaraan yang Sesuai

asuransi kendaraan

Selain asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, ada juga asuransi kerugian umum. Kali ini kami akan sharing mengenai asuransi kendaraan. Kendaraan pribadi merupakan aset yang mahal dan memiliki nilai guna yang besar. Oleh karena itu, maka wajar jika kendaraan diproteksi terhadap kerugian seandainya kendaraan kita mengalami kerusakan atau kehilangan (dicuri).

Asuransi kendaraan biasanya sudah dibeli jika membeli kendaraan baru secara kredit baik, melalui bank atau perusahaan pembiayaan. Namun perlu diperiksa asuransi jenis apa yang dibeli dan pertimbangan membeli asuransi kendaraan tambahan jika ternyata diperlukan. Secara umum ada dua jenis asurani kendaraan yang dijual, yaitu: asuransi kendaraan TLO (Total Loss Only)  dan Kompehensif /All Risk.

1. Asuransi kendaraan TLO (Total Loss Only)
Asuransi kendaraan TLO hanya memberikan pertanggungan apabila kendaraan hilang karena pencurian atau mengalami kerusakan minimal 75%. Jika terjadi kerusakan kecil seperti ditabrak namun ada kerusakan ringan maka asuransi jenis TLO tidak akan mengganti kerugiannya. Selain itu ada juga yang memberikan tambahan asuransi pertangungan pihak ketiga  (TPL /Third Party Liability) yang akan menanggung kerugian yang dialami oleh pihak ketiga jika terjadi kecelakaan. Misalnya jika mobil Anda menabrak pagar tetangga, maka biaya perbaikannya bisa ditanggung oleh TPL.

Karena jenis asuransi ini tidak mencover kerusakan mobil akibat bencana alam, maka asuransi TLO ini cocok bagi yang jarang menggunakan kendaraan, bertempat tinggal di daerah yang tidak berpotensi terkena bencana alam seperti banjir.

2. Asuransi Komprehensif (All Risk)
Asuransi Kendaraan All Risk adalah tipe asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan besar dan kecil, kehilangan, dan kendaraan hilang. Asuransi ini menjamin semua resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan. Dengan asuransi ini maka kerusakan sekecil apapun akan ditanggung perusahaan asuransi. Selain itu asuransi ini juga akan menanggung kerugian harta benda, biaya pengobatan, cidera badan dan kematian karena asuransi pertanggungan pihak ketiga  (TPL /Third Party Liability) sudah termasuk di dalamnya.

Asuransi jenis All Risk cocok bagi yang sering menggunakan kendaraan, bertempat tinggal di daerah yang berpotensi terkena bencana alam seperti banjir.

Perbedaan kedua jenis asuransi di atas tentu punya efek terhadap biaya premi. Asuransi TLO memiliki kekurangan di penggantian yang hanya akan diberikan jika mengalami kerusakan minimal 75% namun premi asuransi TLO lebih rendah. Berbeda dengan asuransi All Risk penggantian atas kerugian dalam segala keadaan kerusakan sekecil apapun namun premi yang dibayarkan lebih tinggi.

Besaran premi asuransi kendaraan ternyata sudah diatur lho (Peraturan OJK SE-06/D.05/2013). Rinciannya:

  1. Tarif Premi Asuransi Kendaraan Bermotor
  2. Tarif Premi Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan Bermotor

Tips tambahan dari kami adalah perhatikan fasilitas tambahan yang memudahan proses klaim dan memberikan kenyamanan. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan aplikasi di gadget, sehingga dengan mudah mengajukan klaim dengan mengirimkan foto kerusakan. Ada juga yang menyediakan fasilitas kendaran pengganti sementara selama kendaran masa perbaikan di bengkel.

Lagi-lagi kami tak bosannya meminta untuk membaca polis. Perhatikan pengeculian yang tidak ditanggung seperti menerobos banjir dan menyalakan mobil saat terkena banjir. Jika dilakukan, maka kerusakan tersebut tidak akan diberikan penggantian.

Jika Anda sudah punya asuransi kendaraan dan dipersulit dalam melakukan claim, hubungi Insurance Call Center sekarang untuk bantuan! 

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending