Asuransi Jiwa

asuransi jiwa

Asuransi tentu sudah tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat terutama di perkotaan. Ada beragam jenis asuransi; seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kerugian. Mari bersama kita belajar berbagai jenis asuransi yang ada di kehidupan kita sehari-hari namun belum dipahami secara mendalam. Di kesempatan kali ini kami akan sharing mengenai asuransi jiwa.

Apa ya asuransi jiwa itu?

Asuransi Jiwa adalah jenis asuransi yang bertujuan melindungi jiwa seeseorang dengan cara memberikan “penggantian penghasilan” berupa uang kepada ahli waris apabila pemilik polis meninggal dunia. Asuransi tujuannya adalah untuk proteksi.

Apakah semua orang memerlukan asuransi jiwa? Ternyata belum tentu. Sebenarnya kriteria orang yang membutuhkan asuransi jiwa adalah yang memiliki kondisi sebagai berikut:

  1. Memiliki Penghasilan. Karena yang dilindungi oleh asuransi jiwa adalah penghasilan seseorang seandainya meninggal dunia. Kalau seperti itu artinya kurang tepat jika anak-anak memiliki asuransi jiwa karena belum memiliki penghasilan.
  2. Memiliki Tanggungan. Adakah orang lain yang menggantungkan hidup dari penghasilan Anda? Jika ada, asuransi jiwa bisa memastikan bahwa tanggungan kita akan tetap terpenuhi kebutuhannya. Jadi sebenarnya kurang tepat kalau masih jomblo memiliki asuransi jiwa, kan belum punya tanggungan.
  3. Tidak memiliki Dana atau Aset yang Mencukupi. Seandainya seseorang meninggal, apakah keluarga yang ditinggalkan tetap dapat hidup layak dengan aset dan harta dimiliki? Maksudnya jika memiliki aset produktif yang sangat besar, maka tanpa asuransi jiwa pun keluarga tersebut dapat tetap hidup layak dengan aset produktif dan kekayaan yang dimiliki. Namun jika tidak memiliki dana ataupun aset yang mncukupi maka asuransi jiwa perlu dipertimbangkan.

Anda ingin berkonsultasi tentang asuransi secara gratis? Silahkan lihat layanan Insurance Call Center dari NgaturDuit.com

Apakah Anda sudah tahu apa saja jenis-jenis asuransi jiwa yang ada? Ternyata ada 4 jenis asuransi jiwa yang dibagi dalam 2 kategori:

  1. Asuransi Tradisional : Term Life, Whole Life dan Endowment
  2. Asuransi Modern: Unit Link

Sampai disini, mana jenis asuransi yang paling sering Anda dengar? Tentu karena asuransi jenis ini adalah yang paling sering ditawarkan agen asuransi dan telemarketing bank atau asuransi. Kira-kira kenapa ya dari empat jenis asuransi jiwa, hanya salah satu yang paling gencar ditawarkan? Apakah karena produknya merupakan yang paling bagus? Mari kita lanjut penjelasannya di tulisan selanjutnya.

User Rating: 5.0 (3 votes)
Sending