Optimalkah Penghasilan Anda ?

Memperoleh penghasilan adalah hal yang relatif pasti, tapi mengoptimalkan penghasilan yang anda peroleh adalah satu hal yang berbeda.  Anda bekerja di perusahaan saat ini, memberikan penghasilan yang sifatnya rutin sebagai upah atas apa yang anda berikan untuk perusahaan. Namun, ketika seseorang bertanya kepada anda, apakah penghasilan anda sudah optimal? Beberapa dari anda akan bilang ya, beberapa dari anda akan menjawab belum.

Penghasilan yang normal adalah penghasilan yang rutin anda peroleh dari perusahaan. Lalu, apakah anda masih memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan penghasilan anda? Jawabannya, seharusnya masih. Tapi, kesempatan untuk mengoptimalkan penghasilan ini, seringkali berbanding terbalik dengan waktu yang anda miliki.

Anda bisa meningkatkan kesempatan untuk mengoptimalkan penghasilan, yaitu dengan cara bekerja lebih lama, entah dalam bentuk paruh waktu atau bekerja sampingan. Atau meningkatkan gaji anda di perusahaan. Untuk hal bekerja lebih lama, tentu ada masalah terkait dengan batasan fisik yang anda miliki. Dan masalah meningkatkan gaji, tentu, itu akan terkait penilaian bos atas performa anda di kantor.

Apakah ada cara lain untuk mengoptimalkan penghasilan? Ada. Banyak orang di dunia yang melakukan hal ini dan anda mungkin pernah mendengarnya, tapi anda hanya tidak menyadarinya.

Cara untuk mengoptimalkan penghasilan bisa dengan memanfaatkan passive income. Biarkan mereka berkembang tanpa harus anda kerjakan setiap hari. Sibuk sekali, untungnya berulang kali. Misalnya, seperti musisi. Mereka mencipta dan menyanyikan lagu yang akan mendatangkan royalti kepada mereka selamanya (tentu, selama musiknya masih laku dijual). Atau anda menjalankan sebuah usaha sampingan. Anda akan sibuk saat di awal saja (dengan catatan ada orang lain yang menjalan usaha untuk anda), selanjutnya anda tinggal menerima hasilnya.

Atau semudah berinvestasi. Anda menggunakan uang anda untuk membeli aset investasi, seperti logam mulia, obligasi, atau saham. Memang, anda tidak akan menikmati keuntungannya saat ini, tapi dalam hitungan tahunan mendatang, uang anda akan berkembang secara optimal. Daripada ia hanya tergerus inflasi di dalam rekening tabungan. Dan tugas anda, adalah untuk mengetahui bagaimana cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dalam mengoptimalkan penghasilan anda.

Avian Dwiputra | COO & Senior Advisor
Ardana Consulting