Mempersiapkan Hari Tua

Akan tiba suatu masa di mana akhirnya anda harus mulai berpikir dan mempersiapkan bekal hari tua. Yaitu, sekarang. Setelah belasan hingga puluhan tahun anda bekerja, akan ada satu titik di mana anda harus menghadapi masa tua dan mulai beristirahat dari segala aktivitas. Mulai berhadapan dengan keadaan di mana anda sudah tidak lagi memperoleh penghasilan secara rutin, tetapi di satu sisi anda tetap harus membiayai kebutuhan hidup anda sehari-hari.

Ketika kita membicarakan tentang seberapa besar nilai nominal yang ideal untuk masa pensiun anda, maka jawabannya adalah tidak pasti. Apa yang membuat tidak pasti? Gaya hidup. Ketika menghadapi masa pensiun, anda harus memutuskan akan seperti apa gaya hidup yang ingin anda jalani. Ada yang bersedia mengurangi atau menurunkan gaya hidupnya. Ada juga yang ingin mempertahankan 100% gaya hidup sebagaimana sebelumnya. Dari kedua keinginan tersebut, sudah terlihat bahwa besarnya kebutuhan pensiun antara orang yang satu dengan yang lainnya sangatlah berbeda.

Ketika anda memasuki masa pensiun, banyak hal dari kehidupan anda yang sebenarnya sudah berubah. Ketika kita masih di masa sibuk bekerja, pada umumnya kita masih tinggal di rumah dengan ukuran yang relatif besar. Rumah yang dapat mengakomodir kehidupan keluarga dan anak-anak kita. Apalagi umumnya pada saat itu, anak-anak belum atau baru saja mulai mapan, sehingga mereka masih perlu tinggal serumah dengan kita. Namun, pada saat kita memasuki usia pensiun, pada umumnya anak-anak juga sudah mulai bekerja, mulai memasuki tahap mapan, dan keluar dari rumah anda untuk hidup bersama dengan keluarga mereka sendiri. Rumah anda yang tadinya berukuran pas untuk sekeluarga, berubah menjadi terlalu besar untuk anda tinggali sendiri. Perubahan seperti ini tentu bisa anda akali dengan menukar dengan tempat tinggal yang lebih kecil, sehingga pengeluaran untuk perawatan rumah menjadi lebih terjangkau. Banyak hal semacam ini yang bisa disiasati untuk mempersiapkan masa pensiun anda.

Ketika membicarakan tentang kebutuhan pensiun, akan terkait juga dengan historis keluarga anda. Apa hubungannya? Untuk mengetahui kebutuhan dana pensiun, anda harus mengetahui perkiraan lamanya kehidupan anda sejak anda masuk usia pensiun hingga anda akhirnya meninggal dunia. Jika latar belakang leluhur keluarga anda, misalnya meninggal rata-rata di usia 80 tahun, maka anda harus mempersiapkan dana pensiun yang bisa memenuhi hidup anda sejak usia pensiun 55 atau 60 tahun, hingga ke usia 80 tahun.

Maka akan sangat baik jika anda mulai mempersiapkan semuanya sejak saat ini, sebelum terlambat.

Avian Dwiputra | COO & Senior Advisor
Ardana Consulting
http://www.ardanaconsulting.com