Memanfaatkan Diskon Akhir Tahun

Dalam kurun waktu beberapa minggu, kita akan mulai menghadapi masa-masa liburan Hari Raya Natal. Beberapa pusat perbelanjaan biasanya akan mulai mengadakan promo sejak akhir bulan November atau awal Desember. Mumpung masih terpaut waktu beberapa minggu, ada baiknya mulai kita rencanakan dan persiapkan aktivitas belanja kita nanti. Walaupun belum mulai, setidaknya kita bisa pasang kuda-kuda.

Sebagaimana hari raya dan hari besar lainnya, diskon akan kembali menyapa kita di penghujung tahun. Untuk periode akhir tahun biasanya diskon diadakan dengan mengatasnamakan Hari Raya Natal dan sekaligus Tahun Baru. Jika sudah begini, semua orang akan berbondong-bondong menikmatinya. Mulai dari golongan bawah, menengah, hingga atas, semua pasti ingin menikmati diskon. Ya benar, percayalah, orang kaya juga doyan diskon. Everybody loves discount.

Wah, diskon itu hanya pemborosan. Buang-buang uang. Hanya orang-orang yang berpandangan sempit saja yang beranggapan seperti itu. Jika kita kreatif, musim diskon bisa digunakan untuk memperoleh hal-hal yang kita butuhkan dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Misal, handphone anda rusak dan kebetulan handphone yang anda incar sedang didiskon. Pas, kan?

Nah, jika memang anda merasa banyak kebutuhan yang harus dibeli, buatlah daftar berisi berbagai kebutuhan tersebut. Jangan membiasakan pergi ke tempat diskon tanpa rencana, karena memperbesar potensi anda untuk lapar mata. Lihat barang-barang yang sedang didiskon. Jika ada yang masuk ke dalam daftar anda, silahkan anda bungkus dan bawa pulang. Semudah itu.

Berburu diskon akan lebih efektif jika anda rajin melihat dan membanding-bandingkan harga. Ketika anda telah sampai di toko yang bersangkutan, coba lihat harganya. Apakah harga tersebut memang benar didiskon atau jangan-jangan toko sudah menaikkan harganya 30% kemudian baru didiskon 20%.

Terakhir, tugas anda sejak sekarang adalah mempersiapkan dana untuk berbelanja. Manfaatkan periode ini untuk berbelanja berbagai hal kebutuhan anda. Toh, selama ini anda sudah rajin mengelola dan merencanakan keuangan. Apa salahnya anda bersenang-senang sesaat sebagai penghargaan atas upaya anda selama ini.

Selamat berburu diskon!

Avian Dwiputra | COO & Senior Advisor
Ardana Consulting