Melindungi Keluarga

Sebagai orang yang hidup berkeluarga, tentu kewajiban bagi kita semua untuk melakukan yang terbaik, untuk melindungi anggota keluarga kita. Namun begitu,  bukan berarti bentuk perlindungannya harus menggunakan pengawal pribadi layaknya para pejabat atau orang tersohor lainnya. Bukan. Berhubung ini adalah artikel mengenai keuangan, tentu kita akan membahasnya dalam konteks keuangan pula.

Melalui artikel ini, saya ingin mengajak anda berpikir tentang pentingnya melindungi nilai ekonomis anda (bila anda sebagai kepala keluarga dan sumber utama nafkah keluarga). Nilai ekonomis?

Pada dasarnya, setiap orang yang memang bekerja dan memiliki penghasilan, yang kemudian digunakan sebagai biaya penghidupan keluarga dianggap memiliki nilai ekonomis. Mudahnya, apakah penghasilan yang anda miliki saat ini, anda gunakan untuk membiayai rumah tangga keluarga anda? Apakah juga anda gunakan untuk membantu membiayai hidup kedua orang tua anda yang telah pensiun? Atau anda gunakan untuk membiayai pendidikan adik-adik anda? Nilai ekonomis inilah yang harus dilindungi demi keberlangsungan hidup keluarga anda. Artinya, di dalam nilai ekonomis ini, ada pihak yang tergantung kepada penghasilan rutin anda, untuk membiayai aspek kehidupan mereka.

Pernahkah anda terbayang, ketika anda meninggal dunia, bagaimana nasib kehidupan anggota keluarga yang anda tinggalkan? Apakah warisan yang anda tinggalkan memang cukup untuk biaya hidup mereka? Atau, andaikan memang anda atau pasangan berasal dari keluarga yang berada, apakah anda masih ingin merepotkan mereka dengan meminta tanggungan biaya hidup? Tetap akan lebih baik, jika mereka bisa bertahan secara mandiri, bukan?

Salah satu cara untuk melindungi nilai ekonomis adalah dengan mempersiapkan asuransi jiwa. Produk keuangan yang satu ini, perlu dipersiapkan agar anggota keluarga lain masih dapat melanjutkan hidup dengan memanfaatkan Uang Pertanggungan yang cair ketika pihak sumber nafkah meninggal dunia. Namun, tolong perhatikan baik-baik karena di luar sana tersedia banyak produk asuransi jiwa, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Tidak semuanya cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, tetap perhatikan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter keluarga anda.

Avian Dwiputra | COO & Senior Advisor
Ardana Consulting