Libur Akhir Tahun

Tidak terasa, saat ini sudah memasuki bulan November. Hanya tersisa kurang dari 2 bulan hingga berganti tahun. Setelah bekerja keras selama berbulan-bulan selama tahun 2012 ini, mulai terbayang keinginan untuk melepas penat dengan berlibur di akhir tahun. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam persiapannya, terutama dari sisi finansialnya?

 

Pertama, tentukan terlebih dahulu tujuan liburan anda. Tempat tujuan berlibur sedikit-banyak akan memberikan pengaruh terhadap pengeluaran dan kebutuhan dana liburan anda. Berbagai aktivitas yang mungkin akan anda lakukan selama di tempat liburan tentu berpengaruh terhadap dana liburan anda.

 

Dalam melaksanakan liburan, ada beberapa orang yang menginginkan liburannya bersifat lebih personal. Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan liburan yang lebih personal, anda harus merencanakan seluruh detail liburan secara sendiri. Atau jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan sendiri, perusahaan biro perjalanan umumnya telah mempersiapkan berbagai paket tujuan liburan yang menarik.

 

Selama melakukan persiapan dana untuk berlibur, pastikan bahwa anda telah memiliki dana darurat yang cukup. Dana darurat sangat penting apabila ketika dalam perjalanan liburan, anda mengalami sesuatu yang menuntut anda untuk mengeluarkan sejumlah uang pada saat itu juga.  Anda tidak pernah tahu, mengapa tiba-tiba anak anda sakit demam pada saat liburan. Yang pasti, anda harus memiliki dana yang siap digunakan untuk berobat.

 

Selama berlibur, anda pasti akan melakukan banyak pengeluaran. Tentu akan menjadi sangat tidak praktis dan tidak aman jika anda harus membawa semua kebutuhan biaya dalam bentuk dana tunai. Sebagai pertimbangan keamanan, akan lebih baik jika anda mempersiapkan berbagai dana tersebut ke dalam rekening bank yang memiliki jaringan ATM dan debit yang luas. Jika seandainya memang anda memerlukan pembayaran dengan kartu kredit, maka pastikan ketika sepulangnya dari liburan, anda langsung membayar lunas atau tepat pada waktunya. Dan juga, pastikan kartu anda bisa diterima di semua merchant. Selain itu, jika anda berencana liburan ke luar negeri, laporkan ke bank penerbit sebelum berangkat agar transaksi dapat berjalan lancar.

 

Selamat berlibur akhir tahun!

 

Avian Dwiputra | COO & Senior Advisor
Ardana Consulting