Apapun Tujuannya, Reksadana (punya) Jawabannya

Tulisan ini dibuat ketika saya sedang berada di terminal keberangkatan salah satu bandara di Indonesia. Suasana ramai begitu tergambar dari banyaknya orang yang lalu lalang dan banyaknya loket yang menggambarkan tujuan keberangkatan pesawat ke suatu tempat.

 

Dalam investasi, tujuan menjadi hal penting untuk mengukur apakah investasinya bisa dinilai berhasil atau gagal. Banyak orang mengira bahwa keberhasilan investasi adalah hasil investasi yang sangat besar. Sebenarnya tidak. Keberhasilan investasi diukur bukan dari seberapa besar hasil yang diperoleh tapi seberapa tepat tercapainya tujuan yang ingin dicapai oleh investor tadi.  Misalnya, Anda ingin mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda yang ingin dicapai 5 tahun ke depan dan menggunakan suatu alat investasi. Apa sih yang paling penting menjadi perhatian kita? Pastinya adalah ketika dibutuhkan yaitu 5 tahun ke depan sejumlah angka yang kita harapkan tersedia melalui produk tadi. Jadi bukan berapa besar hasil maksimal yang bisa didapat dari produk investasi tadi.

 

Tujuan keuangan dan Reksadana

 

Sama seperti bandara tadi, ada banyak loket yang dibuka sebagai sarana orang bepergian untuk bisa sampai ke tujuan mereka. Nah reksadana adalah salah satu produk yang memiliki kelengkapan alat untuk bisa membantu investor mencapai tujuan keuangan. Salah satu factor penting menentukan produk atau kendaraan yang tepat adalah jangka waktu atau jarak pencapaian. Ketika tujuan tadi jangka waktu pencapaiannya masih lama maka kita lebih leluasa mencari produk yang bisa member hasil maksimal tanpa memperdulikan likuiditasnya, karena kalaupun produk itu mengalami rugi atau penurunan nilai di tengah jalan, ngga akan menjadi masalah karena tujuan kita masih jauh. Tapi kalau tujuan kita pendek waktunya maka konsentrasi kita adalah di kepastian terjaganya dana yang diinvestasikan. Artinya jangan sampai terjadi saat kita butuhkan nilai investasi kita turun sehingga tujuan kita tidak tercapai. Artinya untuk jangka pendek investor sebaiknya berkonsentrasi pada kepastian keutuhan dana dan tidak mengejar hasil, namun untuk jangka panjang investor harus mengejar hasil sebagai prioritas dan kepastian dana menjadi prioritas ke dua.

 

Reksanana memiliki beragam produk yang bila kita teliti lebih dalam memiliki karakteristik yang sangat bisa digunakan sesuai dengan tujuannya.

1. Reksadana pasar uang untuk tujuan jangka pendek karena menawarkan tingkat risiko rendah dikarenakan manager investasi mengaokasikan dana kita ke produk risiko rendah. Kepastian keutuhan dana menjadi prioritas disini dengan imbal hasil yang sepadan.

 

2. Reksadana pendapatan tetap, untuk tujuan jangka menengah, karena menawarkan hasil lebih tinggi walaupun risiko pasti lebih tinggi.

 

3. Reksadana saham dengan hasil maksimal untuk tujuan jangka panjang karena investasi dilakukan di produk yang agresif dan member hasil maksimal walaupun risikonya juga relative tinggi.

 

Jadi…

 

Apapun tujuan Anda sebenarnya reksadana memiliki jawaban dan jalan keluarnya. Selain 3 produk di atas, minimal ada 2 produk lagi sebagai produk tambahan yang juga bisa digunakan sebagai sarana mencapai tujuan sesuai risiko yang siap kita terima. Memang sih sama seperti di bandara tadi, walaupun banyak kendaraan tapi pasti tetap ada 1 yang paling cocok untuk kita. Kadang kita butuh bertanya kepada beberapa rekan untuk memilih pesawat apa yang cocok dengan tujuan kita. Dan dalam investasi, ngga ada salahnya menngunakan jasa profesional untuk memastikan pilihan kita sudah tepat. Lebih baik bertanya daripada tujuan ngga tercapai kan…

 

Tips : Atur anggaran dengan login ke ngaturduit.com > Pengaturan > Anggaran

 

Eko Endarto
Financial Planner
www.finansiaconsulting.com
@kokiduit