Apa Beda Investasi dan ‘investasi’

Apakah Anda pernah mendengar cerita suram dalam dunia investasi? Rugi, bangkrut, bunuh diri dan cerita-cerita suram lainnya. Setidaknya itulah yang dipikirkan banyak orang ketika mendengar kata-kata investasi dewasa ini.

 

Golongan lainnya mengatakan bahwa investasi itu sebuah hal sulit dan perlu dana yang besar. Bercerita mengenai dunia investasi yang berakhir pada dunia penipuan membuat banyak orang akhirnya menghindari dunia investasi.

 

Kira-kira tips apa bisa membuat kita terhindar dari dunia ‘investasi’ yang berujung pada kerugian dan lain-lain?

 

  1. Jangan pakai uang panas, artinya jangan mempertaruhkan apapun milik Anda seluruhnya bahkan celana dalam Anda untuk sebuah investasi
  2. Sadari dan pahami, resiko tidak hanya ada di Investasi, namun ketika Anda membaca tweet ini, HP Anda meledak juga bisa :p
  3. Banyak orang mau jadi ahli matematika, mau belajar bertahun-tahun, Anda memang sudah belajar berapa banyak untuk jadi ahli Investasi?
  4. Investasi adalah seni, seni dan sejarah selalu berulang, demikian juga dengan tipu menipu, bentuknya modifikasi dari penipuan yang pernah ada sebelumnya
  5. Hal yang pasti adalah KETIDAKPASTIAN itu sendiri, jadi bila ada Investasi dengan hasil pasti, Anda perlu sadar kata-kata sebelum ini :)
  6. Kerugian investasi itu ada beberapa varian, jangan sama ratakan semua kerugian pada dunia investasi
  7. Jangan mencari kambing hitam pada saat kerugian terjadi atas investasi maupun ‘investasi’ apalagi cari gajah hitam :p
  8. Jangan mau kaya terlalu cepat, karena kaya terlalu cepat otaknya cuma mikir SERAKAH

 

Seperti yg saya bilang, penipuan itu bentuknya berulang dan modifikasi dari penipuan yang ada sebelumnya, seberapa jauh Anda sudah tau aneka penipuan atas investasi atau praktek investasi yang mengancam diri Anda pada sebuah kerugian?

 

Segera baca di buku ke 3 saya berjudul #NegativeInvestment , satu-satunya buku di #Indonesia yang membahas aneka penipuan dalam aneka instrumen investasi.

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom