Antara deposito dan reksadana

Seringkali saya masih sering mendapat pertanyaan lebih baik deposito atau reksadana. Meskipun telah lengkap saya bahas pada buku menjadi kaya dan terencana dengan reksadana , Nampaknya bagi pemula merasa perlu bertanya langsung mengenai lebih baik mana antara deposito atau reksadana.

 

Reksadana tidak bisa dibandingkan langsung dengan deposito. Masalah pertama reksadana ada 4 jenis dan yang mau dibandingkan yang mana? Pertama reksadana tidak memiliki kepastian nilai return alias bukan berbunga namun tumbuh sesuai kinerja pasar, Deposito adalah produk  yang muncul dari simpan pinjam yang dapat Anda miliki di bank atau BPR dan deposito memiliki penjamin dengan ketentuan mengacu pada LPS yang memberikan jaminan akan pokoknya.

 

Sedangkan reksadana tidak. RD adalah produk yang dikelola oleh manager investasi atau orang ahli dalam dunia investasi dan tersertifikasi, reksadana diawasi dan tunduk pada aturan @OJKINDONESIA mengenai cara pengelolaannya. Reksadana tidak berbunga dan tidak dapat dipastikan seberapa besar keuntungannya diawal dengan membelinya.

 

Keuntungannya adalah reksadana dapat memberikan return yang lebih besar dr produk deposito sendiri, dimana pada reksadana saham dalam waktu 10 tahun rata-rata return bisa mencapai 17% dibanding deposito hanya 8%. Namun perlu di ingat memahami produk dan memahami kebutuhan dlm berinvestasi adalah segalanya.

 

Mana yang lebih baik? Jawabannya adalah sama baiknya tergantung keperluannya

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom