Angka dalam Marketing

Beberapa hari lalu saya diskusi dengan seorang kawan yang bercerita mengenai sebuah promosi properti dinamakan repayment program. Jadi jika pembeli menambah 10% dari nilai properti di depan, maka pembeli akan diberikan uang senilai 100% dari pembelian dalam 10-15 tahun maksimal. Pembelian boleh kas keras (cash) ataupun KPR. Artinya jika diasumsikan KPR 15th, maka uang Anda senilai properti tersebut 100% bisa kembali sebelum KPR lunas! Luar biasa sekali bukan?

 

Tapi tunggu dulu! Sudah coba analisa matematikanya? Alangkah baiknya jika saat ini Anda baca ulang tulisan saya: http://blog.ngaturduit.com/fungsi-matematika-hadapi-masalah-dunia/ untuk perkuat fundamental. Bagi yang tidak mau repot dan percaya saja, saya coba hitung angka-angka di atas :)

 

Dengan dana 10%, akan kembali 100% artinya dana bertumbuh 10x lipat. Maka rumus waktu 10x lipat (decupling time) adalah:
100 x ln(10) = 100 x 2.3 = 230

 

Rumus waktu adalah:

t = decupling time / r
atau
r = decupling time / t
(r = rate(return), t = time)

 

Maka agar uang meningkat 10x lipat dalam 15 tahun, return yang dibutuhkan adalah
230 / 15 = 15.3% per tahun

 

Atau agar uang meningkat 10x lipat dalam 10 tahun, return yang dibutuhkan adalah
230 / 10 = 23% per tahun

 

Sekarang, pertanyaan saya adalah “apakah return 15% per tahun sulit didapatkan?
Kalau Anda pernah ikut Kelas Dasar Investasi, apalagi Kelas Reksadana NgaturDuit.com, pasti jawabannya “Tidak” :)

Bagi yang belum sempat ikut acara NgaturDuit.com, next time wajib! Lihat deskripsi dan jadwal kelas di: http://blog.ngaturduit.com/kelas-investasi/ (shameless plug)