Anggaran Yang Terlewat

Anggaran merupakan Langkah nomor 4 dalam Tips Langkah Menjadi Kaya kami. Membuat anggaran sebenarnya tidak sulit, namun perlu teliti supaya tidak salah perhitungan. Agar anggaran Anda lebih sempurna, jangan lewatkan beberapa hal berikut:

  1. Tagihan reguler non-bulanan. Apakah Anda membayar les anak tiap 3 bulan? Uang kebersihan setiap 2 bulan? Hitung supaya Anda bisa mengatur berapa yang harus disisihkan tiap bulannya. Jangan lupa juga tagihan yang sifatnya tahunan, seperti PBB, pajak kendaraan, asuransi, langganan koran/majalah, keanggotaan gym, dan sebagainya.
  2. Perbaikan dan pemeliharaan rutin. Beberapa pengeluaran sifatnya dadakan, namun kita bisa perkirakan berapa kali terjadi dalam setahun dan berapa biayanya. Contohnya seperti checkup mobil, ganti aki, perbaikan atap rumah, dan sebagainya.
  3. Renovasi dan pembelian besar. Jika Anda berencana untuk merenovasi kamar mandi atau membeli mobil baru, persiapkan anggarannya di depan supaya tidak memberatkan pada saat dana dibutuhkan. Dengan mempersiapkan dana di depan, kemungkinan Anda bisa mempersiapkan DP yang lebih besar sehingga meringankan cicilan.
  4. Biaya kesehatan. Checkup kesehatan, dokter gigi, dokter mata merupakan pengeluaran kesehatan yang bisa dianggarkan sebelumnya.
  5. Hadiah. Hadiah ulang tahun, angpao tahun baru china, dan sebagainya merupakan pos yang paling sering menjadi sumber kebocoran yang tidak terdeteksi, atau bahasa kerennya, bocor halus. Anggarkan untuk meminimalkan kebocoran tersebut.
  6. Perawatan hewan peliharaan. Kami baru saja membahas biaya untuk pemeliharaan hewan peliharaan. Klik di sini untuk membacanya.
  7. Liburan. Setiap orang perlu santai dan berlibur merupakan salah satu caranya. Maksimalkan kualitas liburan Anda dengan mempersiapkan dananya di depan terlebih dahulu. Jangan sampai terpaksa berhutang dengan kartu kredit pada saat liburan. Bukannya santai, malah nanti jadi was-was akibat bertambahnya hutang.

 

Ketujuh hal di atas merupakan jenis pengeluaran yang paling sering terlewat saat kita membuat anggaran. Semoga dengan informasi di atas, anggaran Anda bisa menjadi lebih baik!