Aneka Cara Mendapatkan Untung Di Bursa Saham

Banyak sekali pemula maupun orang awam yang masih bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana sebuah mekanisme mudah untuk bisa mendapatkan keuntungan di bursa saham.

 

Kadang pertanyaannya lebih parah lagi yaitu,”Emang transaksi / investasi / trading / main saham itu bisa untung?”

 

Jawaban sederhananya adalah semua hal hingga yang masih ada di dunia saat ini seharusnya bisa menghasilkan keuntungan. Benar kah?

 

Coba kita ingat-ingat ada barang apa yang mulai hilang di pasaran? Ada loh! Contohnya: Pager. Siapa tidak mengetahui pager itu apa?

 

Dulu di Indonesia ada brand yang cukup terkenal namanya nusapage dan starco. Ya 2 brand ini ada hubungannya dengan pager.

 

Sebelum adanya handphone, pager adalah sebuah alat kecil yang bisa dibawa kemana-mana seukuran kartu kredit besaran dikit, dimana dapat menyampaikan sebuah pesan singkat berupa text.

 

Cara mengirimkannya adalah dengan kita telepon ke operator pager tersebut dan mendiktekan pesan kita. Namun seiring dengan waktu pager hilang digantikan dengan handphone. Karena pager kurang privasi. Ya lah, coba bayangkan kita harus sebutkan privasi kita ke operator, misalnya,”Ma, nanti malem pulang cepet dong mau S*** nih :p”

 

Wah gawat mulai melenceng…. . Intinya pasar modal atau bursa saham itu menguntungkan, asalkan kita mengetahui bagaimana caranya dan apa strateginya. Karena salah cara dan strategi sudah pasti kita dapat ucapkan sayonara goodbye pada uang yang kita investasikan.

 

2 Cara mendasar untuk bisa mendapatkan keuntungan disaham :

1. Beli saham dan simpan

Ya saham itu memberikan deviden alias keuntungan. Karena dengan memiliki saham artinya kita jadi pemilik perusahaan, maka sudah dapat dipastikan keuntungan perusahaan juga akan kita dapatkan.
Oleh karena itu bila anda ingin memiliki saham untuk tujuan mendapatkan deviden carilah perusahaan yang produknya sudah terkenal di masyarakat dan digunakan terus menerus.

Clue nya apa? Contohnya, anda makan mie instant merk apa? Obat apa yang anda beli? Siapa produsennya? Apa sih yang membuat orang kecanduan? Ada jalan raya berbayar dan tidak berbayar, yang berbayar itu dibawah perusahaan apa ya? Mobil apa yang banyak di jalan, dan siapa produsennya?

 

2. Dagang Saham

Bagian ke 2 dari mencari keuntungan di saham disebut dengan dagang alias trading. Dagang saham orientasinya adalah satu, yaitu cari untung karena saham dibeli murah lalu dijual lebih mahal dari modal, betul?

Nah untuk dagang ini diperlukan keahlian dan kejelian lebih, karena apa? Kita harus mengetahui apakah saham tersebut sekarang dalam keadaan murah atau mahal.

 

Pedagang di pasar modal dan saham ada beberapa kriteria :

- Pedagang harian
Pedagang harian ini ibarat pedagang sayuran segar, artinya membeli saham di pagi hari untuk bisa dijual untung pada hari yang sama.

Resiko dalam menjual sayuran segar adalah kalau sore tidak laku maka harus dijual rugi ataupun dibuang ataupun dimakan sendiri.

Sama seperti di saham, pedagang harian diwajibkan paling lambat sore terjual, namun sayangnya saham tidak bisa anda makan, jadi opsi makan tidak berlaku seperti pada sayuran segar :p

 

- Pedagang Distributor
Pedagang saham ala distributor membeli dalam partai besar dan tentunya akan membeli pada saat harga sedang murah ataupun bisa menawar lebih murah dari nilai wajar, betul?

Ya sama dengan dagang ala distributor di saham, pedagang jenis ini akan membeli saham untuk ditahan dalam jangka waktu tertentu, biasanya pedagang seperti ini membeli banyak pada saat kondisi pasar modal dalam kondisi tidak baik.

Namun pedagang dengan gaya ini tentunya jauh lebih pengalaman, karena sudah mengenal barang apa yang akan dibeli dan bagaimana prospek barang tersebut kedepannya. Biasanya mereka mengenal perusahaan yang sahamnya mau dibeli melalui laporan keuangan dan mengambil waktu pembelian dengan analisa harga dengan analisa teknikal

 

- Pedagang Eceran
Pedagang jenis ini adalah pedagang yang tidak peduli dengan harga mahal maupun murah tapi selalu berprinsip jual lebih mahal agar untung.

Intinya dalam keadaan apapun pedagang ini dapat bertransaksi demi bisa menghasilkan keuntungan.

Pedagang gaya eceran bisa dihubungkan dengan swing trading pada bursa saham. Dimana swing trading adalah selalu mencari nilai murah pada sebuah kondisi dan menjual pada saat lebih mahal.

Pedagang eceran bursa cenderung menggunakan analisa teknikal untuk bisa mengambil keuntungan jangka pendeknya.

 

Inilah cara-cara anda dapat mencari untung dalam pasar modal. Nampaknya terlalu sulit? Tidak juga, bila saat ini anda adalah salah satu pelaku jualan online, jualin produk orang dan lain sebagainya, sebenarnya kemampuan itu sudah ada di dalam diri anda.
Namun kita harus mengetahui apa saja hal yang perlu kita perdalam dan kita kenal sehingga tau bahwa harga saham ini dianggap mahal oleh siapa dan dianggap murah oleh siapa. Simple kan?

 

Bagi anda berminat menjadi pedagang eceran ataupun ingin mengenal analisa teknikal, anda bisa membaca sebuah buku luar biasa berjudul “Investasi Saham ala Swing Trader Dunia” karya saya. Sulitkah dibaca? Bila anda berpikir bahwa tulisan ini sulit dicerna mungkin buku itu sulit dibaca, tapi bila mudah, maka buku itu juga mudah dibaca.

 

Karya buku saya ada 2 lagi, em sebenarnya masih banyak juga yang antri dipenerbit, yaitu “Menjadi Kaya dan Terencana dengan Reksa Dana” dan “Penyimpangan dan Kejahatan dalam Dunia Investasi”. Juga buku-buku bagi pemula yang layak untuk dibaca dan dijadikan koleksi.

 

Demikian penjelasan saya, Salam Investasi untuk Indonesia!

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert 
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom

 

Tips : Gunakan ngaturduit.com untuk memonitor pengeluaran Anda