Alasan Mengatur Keuangan Penting Bagi Para Freelancer

mengatur keuangan untuk freelance-ngaturduit.com

Bekerja secara freelance menjadi pilihan bagi beberapa orang, apalagi perkembangan digital dewasa ini yang semakin meluas membuka peluang bagi siapa saja yang memiliki keahlian spesifik untuk menjadi freelancer.

Situs marketplace yang membuka ruang untuk menawarkan jasa keahlian juga bertambah, baik yang lokal maupun yang internasional. Perkembangan gadget termasuk jaringan untuk akses internet menambah fasilitas yang memungkinkan bekerja freelance menjadi sebuah pekerjaan pilihan.

Namun demikian, banyaknya peluang freelance yang ada di internet menyisakan persoalan yang harus dipecahkan oleh para freelancer, yaitu masalah pengaturan keuangan.

Pengaturan keuangan bagi para freelancer sangat penting, bahkan bisa jadi lebih penting dari mereka yang bekerja secara kantoran. Salah satu alasan adalah sistem pendapatan/gaji. Pekerja kantoran bisa dikatakan sudah memiliki kepastian kapan mereka akan mendapatkan pendapatan atau gaji. Tanggal gajian sudah ditentukan dari kantor dan akan diserahkan sesuai dengan kesepakatan yang diamini oleh kedua belah pihak, untuk pengaturan keuangan bisa baca disini Prinsip Pembagian Keuangan 50-30-10-10.

Dengan kepastian mendapatkan angka pemasukan ini maka pengaturan keuangan menjadi relatif lebih mudah karena pekerja kantoran bisa mendapatkan angka pasti pemasukan tinggal menyusun pengeluaran serta tabungan atau investasi yang ingin dilakukan.

Sedangkan freelancer dikenal dengan sistem pendapatan yang tidak pasti alias berasal dari proyek per proyek yang tanggal untuk mendaptakannya biasanya tidak pasti setiap bulan alias tergantung dari jangka waktu pengerjaan proyek dan deadline invoice yang telah disepakati.

Dengan sistem pendapatan yang tidak ada tanggal rutin seperti ini, pengaturan keuangan menjadi sangat penting. Karena bisa saja satu proyek freelancer mendapatkan pemasukan yang cukup besar sedangkan di proyek lain angkanya lebih kecil. Dana pemasukan yang tidak tentu jumlahnya ini perlu diatur sedemikian rupa agar tidak kebobolan.

Gaya pengerjaan sistem proyek juga membutuhkan pengaturan keuangan yang lebih jeli, karena pengeluaran biasanya akan berbeda seusai dengan proyek yang dikerjakan. Misalnya satu proyek membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama yang nantinya membutuhkan biaya yang lebih besar, sedangkan proyek lain bisa dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat dan membutuhkan biaya yang lebih sedikit pula.

Salah satu hal penting yang harus disasadari oleh para freelancer adalah karakter pekerjaan yang mereka jalani. Jangan tergoda untuk mengeluarkan uang berlebihan di sebuah proyek hanya karena angka proyek tersebut cukup besar. Ingat bahwa proyek ada jangka waktunya dan tidak berjalan secara rutin (meski ada proyek jangka panjang yang bisa bulanan atau tahunan), proyek juga bisa dihentikan kapan saja.

Pengaturan keuangan menjadi penting agar setiap freelancer tetap memiliki tabungan atau kas untuk pengeluaran ketika proyek tidak ada atau jumlahnya tidak banyak. Pengaturan keuangan juga diperlukan agar kondisi kesehatan para freelancer tetap terjaga dan tidak kehabisan nafas saat jumlah proyek tidak sebanyak yang diharapkan.

 

Kelebihan dan Kekurangan  Freelance

freelancer

Pekerjaan freelance adalah pekerjaan yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kita bisa mengatur jadwal kerja sesuai yang kita inginkan dan biasanya bisa dikerjakan dari lokasi yang diinginkan pula, namun kekurangannya jumlah pemasukan tidak rutin pada tanggal khusus tertentu seperti pekerja kantoran.

Meski demikian, dengan pengaturan keuangan yang tepat serta manajemen waktu yang tepat pula, bekerja secara freelance akan bisa dijadikan pilihan yang pas bagi mereka yang karakternya cocok untuk bekerja lepas. Pengaturan keuangan yang tepat akan menjaga kehidupan keuangan freelancer tetap sehat dan bisa mengembangkan diri.